Jumat, 20 September 2024

Diikuti Ratusan Warga

Pemkab Situbondo Gelar Operasi Katarak Gratis

Diunggah pada : 8 Juli 2024 10:41:30 51

Jatim Newsroom - Pemkab Situbondo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyelenggarakan bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis untuk masyarakat Situbondo. Acara baksos ini bekerjasama dengan John Fawcett Foundation, yang diselenggarakan di GOR Baluran, Kabupaten Situbondo.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Situbondo, Senin (8/7/2024), kegiatan ini mengusung tema "Semangat Soca Terak" (Semangat Melayani Masyarakat Situbondo Cegah Kebutaan dengan Operasi Katarak).

Bupati Situbondo, Karna Suswandi melalui Kepala Dinkes dr. Sandy Hendrayono menyampaikan, baksos operasi katarak ini diselenggarakan karena jumlah masyarakat Situbondo yang berpotensi katarak terbilang tinggi. Yakni mencapai 6.947 jiwa, itu setara dengan satu persen dari jumlah penduduk.

"Sementara itu, untuk dokter spesialis mata terbatas, sehingga tidak memungkinkan untuk mengakomodir semua warga kita yang berpotensi katarak. Dan juga banyak pasien katarak ini merupakan warga kurang mampu dari sisi ekonomi," ujarnya.

Mantan Direktur RSUD Besuki ini mengungkapkan, untuk pasien operasi katarak terlebih dahulu dilakukan skrining. "Kalau kataraknya belum matur (matang -red) kita tunda untuk bisa mengikuti operasi katarak yang bulan November. Kalau sudah matur langsung kita operasi. Dari hasil skrining katarak yang bisa dioperasi ada 345 pasien," tegasnya.

Guna mendukung operasi katarak ini, kata dr. Sandy, Dinkes Situbondo dan JFF menerjunkan tujuh dokter spesialis mata dan 24 paramedis yang diterjunkan. "Selain operasi katarak, kami juga melayani pemberian kacamata, pemberian bola mata palsu, pemeriksaan mata untuk anak-anak. Semangat Soca Terak kali ini kami targetnya dua ribu peserta," tegasnya.

Di tahun ini, kata dr. Sandy Dinkes Situbondo menyelenggarakan operasi katarak sebanyak dua kali. "Pertama sekarang ini (bulan Juli) yang kedua bulan November awal," tuturnya.

Di tempat yang sama, Projects Manager JFF, Komang Wardhana menyampaikan, jika Baksos operasi katarak ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2017.

"Baksos ini sudah sejak 2017 kami dari JFF bekerjasama dengan Pemkab Situbondo," ucapnya. (van/hjr)

#kesehatan #pelayanan kesehatan gratis #Kabupaten Situbondo