Jumat, 20 September 2024

Kadisnakertrans Jatim Sampaikan Evaluasi Verifikasi dan Validasi BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Diunggah pada : 22 November 2023 5:00:20 87
Evaluasi Verifikasi dan Validasi BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo, membuka acara Evaluasi Verifikasi dan Validasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Bagi Pekerja/Buruh Pabrik Rokok di Shanaya Resort Malang, Selasa (21/11/2023) malam.

Himawan Estu Bagijo mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan. Diharapkan acara ini dapat mengembangkan kondusifitas ketenagakerjaan, komunikasi secara terbuka sekaligus mampu memecahkan berbagai permasalahan baik intern maupun ekstern dengan dilandasi pola pikir dan wawasan secara luas.

"Selain itu, saya juga berharap melalui kegiatan kali ini, akan menghasilkan komitmen untuk meningkatkan dan memantapkan kualitas kita, sehingga dapat berperan sebagai salah satu element kekuatan pembangunan ketenagakerjaan, khususnya dalam rangka optimalisasi upaya penciptaan hubungan industrial yang harmonis, dimanis dan berkeadilan," ujar Himawan.

Ia juga menyampaikan terkait kondisi ketenagakerjaan di Jatim tahun 2023, tepatnya hingga akhir bulan tahun 2023. Berdasarkan berita resmi statistik No. 68/11/35/TH.XXI 6 November 2023, menunjukkan keadaan yang terus lebih baik dibandingkan tahun 2022. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah angkatan kerja dan penurunan jumlah pengangguran. Jumlah angkatan kerja di Jatim pada Agustus 2023 bertambah 999,75 ribu orang sehingga menjadi sebesar 23,87 juta orang dibanding keadaan Agustus 2022. Sejalan dengan itu Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga menjadi sebesar 72,56 persen, meningkat 1,33 persen poin dibandingkan TPAK agustus 2022.

Ia menjelaskan, indikator utama ketenagakerjaan yang sering digunakan sebagai indikator keberhasilan dalam menangani masalah ketenagakerjaan khususnya pengangguran adalah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Tingkat pengangguran terbuka merupakan perbandingan antara jumlah penganggur terhadap jumlah angkatan kerja. TPT di Jatim agustus 2023 sebesar 4,88 persen atau turun sebesar 0,61 persen poin dibandingkan keadaan Agustus 2022.

"Melihat kondisi ketenagakerjaan yang saya sebutkan sebelumnya, para pelaku hubungan industrial memiliki peran yang vital untuk memelihara hubungan antar unsur tetap harmonis dan kondusif. Untuk membantu masyarakat, khususnya pekerja/buruh di bidang pengolahan hasil tembakau, dan untuk mendongkrak kondisi ekonomi paska pandemi covid-19 yang telah terjadi beberapa tahun terakhir, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau," terangnya

Diharapkan dengan kegiatan ini pembagian bantuan dari pemerintah tersebut dapat berjalan dengan kondusif dan tepat sasaran, meskipun terhadap penyaluran yang telah lalu masih terdapat beberapa kendala, namun masih dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga dapat menciptakan kehidupan layak bagi masyarakat yang terkena dampak inflasi dan kenaikan bahan bakar minyak (bbm). Hal ini sama seperti yang disebutkan pada surat edaran sekretaris daerah yang mengatur terkait dengan pedoman pelaksanaan pemberian blt yang bersumber DBHCHT.(her/s)

 

 

#Disnakertrans Jatim