Jumat, 20 September 2024

Kabupaten Bangkalan Dapat Program Bantuan Sarana dan Prasarana Pasar Desa Tahun 2023

Diunggah pada : 10 November 2023 13:34:31 75
Sumber Foto : Pemerintah Kabupaten Bangkalan

Jatim Newsroom - Kesekian kalinya, Kabupaten Bangkalan mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk melaksanakan program dan kegiatan prioritas setelah sebelumnya mendapatkan Program Bantuan Sarana dan Prasarana Desa Wisata pada tahun 2023.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jumat (10/11/2023), Kabupaten Bangkalan kembali mendapatkan Program Bantuan Pembangunan, Pengembangan dan Rehabilitasi Pasar Desa tepatnya di Desa Pernajuh, Kecamatan Socah tahun 2023 ini.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bangkalan melalui Kepala Bidang PLK Ali Yusri Purwanto mengatakan Kepala Desa Pernajuh didampingi dari Dinas PMD Kabupaten Bangkalan telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 6 November 2023 di Direktorat Jenderal PDP Kemendes PDTT RI di Jalan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Bantuan Pembangunan, Pengembangan dan Rehabilitasi Pasar Desa itu menjadi salah satu atensi Pemerintah dalam percepatan pembangunan di desa, dengan tujuan untuk mewujudkan pelayanan sarana perdagangan yang representatif di kawasan perdesaan yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan sehingga dapat meningkatkan sumber-sumber pendapatan asli desa. 

"Jenis bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan kearifan lokal, aspek geografis dan lokasi penerima bantuan, setelah dilakukan survei dan identifikasi oleh Tim Kemendes PDTT ke lokasi Pasar Desa Pernajuh disepakati anggaran yang ada senilai Rp 300 juta akan dialokasikan untuk pembangunan los dan pavingisasi," kata Ali Yusri.

Ia berharap dengan diberikannya bantuan ini akan memberikan kenyamanan bagi para pedagang dan pembeli dalam melakukan aktifitas jual beli di pasar yang dalam pengelolaannya akan dilakukan sepenuhnya oleh BUMDesa sehingga pendapatan asli desa bisa terus meningkat dan tujuan desa mandiri akan lebih cepat tercapai. (das/…)

#bumdes #Pemkab Bangkalan #Pasar Desa