Kamis, 19 September 2024

Jelang Kemarau, UPT PJJ Kediri Bersihkan Jembatan

Diunggah pada : 17 Mei 2024 22:33:12 49
Foto: dok.DPU Bina Marha Jatim

Jatim Newsroom - Menjelang datangnya musim kemarau, UPT PJJ Kediri Dinas PU Bina Marga Jawa Timur melaksanakan kegiatan pembersihan permukaan dan bawah jembatan Ngampel di Ruas Jalan Ahmad Dahlan (Link 121.13K) dan Jembatan Gayam di Ruas Jalan Gatot Subroto (Link 121.12K).

Pelaksana Jembatan UPT PJJ Kediri, Nyoto, seperti dikutip dari humas Dinas PU Bina Marga, Jumat (17/5/202) mengatakan, kegiatan ini merupakan pemeliharaan rutin untuk menjaga kebersihan di area jembatan dan meminimalisir sampah berupa sampah dan sedimen yang berada di titik tersebut.

Dijelaskannya, pembersihan bagian bawah jembatan meliputi hanyutan materialmaterial seperti ranting pohon dan sampah yang tertahan pada struktur jembatan, yang dikhawatirkan berpotensi dapat mengganggu atau merusak struktur dari jembatan. Selanjutnya, dilakukan pengerukan sedimen Endapan tanah dibeberapa titik yang menggagu aliran sungai.

Pada bagian atas jembatan juga dilakukan pembersihan sedimen/endapan tanah yang menutupi bagian pipa cucuran sampai terlihat bagian dasar pipa/tembus , dan beberapa sedimen yang masuk ke dalam badan jalan serta pembersihan rumput liar di bagian sekitar jembatan," jelasnya.

“Bekas pembersihan tersebut diangkut penggunakan truk untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir yang telah ditentukan," imbuhnya. 

PPK Wilayah I, Jeffri Primantyca Mujito, mengatakan, kegiatan pembersihan ini dilakukan menjelang musim kemarau sangat efektif, sebab debit air sungai tidak terlalu deras sehingga proses pembersihan tidak terkendala dan bisa maksimal.

Jeffri juga berharap, Kegiatan pembersihan jembatan dapat juga didukung dengan kepedulian masyarakat untuk bersama sama menjaga lingkungan sungai demi mewujudkan bersih, lestari, dan sehat. 

"Tentu kami berharap dukungan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan disekitar jembatan, sehingga sungai bersih akan menambah keindahan dan keasrian," pungkasnya.(red)

#DPU Bina Marga Jatim