Jumat, 20 September 2024

Jatim Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi dengan Delapan Paket Latihan

Diunggah pada : 19 Juni 2023 12:33:55 318
Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo pelatihan berbasis kompetensi sebanyak 8 Paket di UPT BLK Surabaya 2023.

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, membuka program pelatihan berbasis kompetensi 2023, di UPT BLK Surabaya, Senin (19/6/2023).

Sebanyak 8 paket yang dibuka dalam pelatihan ini, yaitu Junior Sekretaris, Pengoperasian Mesin CNC  Milling, Pengoperasian Mesin CNC, Desain Grafis Madya, Pratical Office Advance, Las SMAW 3 G, Teknisi Sepeda Motor Injeksi, Pemeliharaa  Kendaraan Ringan Sistem Injeksi, Menjahit dengan Mesin LockStich,  dan Pembuatan Sample Gramen. 

Himawan Estu Bagijo dalam sambutannya, mengatakan, saat ini dunia kerja sangatlah penuh tantangan. Para pekerja harus lebih kompeten, memiliki ketangkasan dan kecepatan, dan itu perlu disiapkan melalui berbagai pelatihan. 

"Saudara adalah generasi yang akan menikmati Indonesia emas 1945. Itu artinya kalau hari ini kita merasa bahwa kita sudah cepat, mungkin orang lain berlari, atau naik mobil atau bahkan naik pesawat. Oleh karenanya, kita seharusnya tetap memperhatikan lingkungan, sehingga kita tahu apa yang akan kita siapkan agar kita tidak ketinggalan," ujar Himawan pada peserta pelatihan.

Pelatihan berbasis kompetensi di era sekarang ini sangatlah penting karena pasar kerja yang dibutuhkan sekarang adalah kompetensi selain pendidikan dasar.

Menurutnya, secara umum permasalahan ketenagakerjaan adalah pengangguran, produktivitas tenaga kerja yang relatif masih rendah, dan rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki serta kurangnya keterampilan. Untuk menghadapi masalah ketenagakerjaan  tersebut pemerintah memprioritaskan terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan vokasi baik skilling, upskilling maupun reskilling, sehingga dapat meningkatkan keterampilan/kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

"Pasar kerja saat ini sangat kompetitif, karenanya outcame dari pelatihan ini adalah dapat bekerja baik disektor formal maupun in formal," jelasnya.

Lebih Lanjut, Himawan Estu Bagijo, menjelaskan, karena sangat kompleksnya kebutuhan dan tantangan kerja, maka pada pelatihan ini lebih dikonsentrasikan untuk mencapai keberhasilan.

"Sekali lagi anda bukan sekolah, anda adalah berlatih untuk bekerja. Dunia kerja merupakan dunia yang sangat pasti dan harus disiplin. Oleh sebab itu kami sediakan pelatih dari pensiunan Marinir. Ini supaya peserta belajar disiplin karena nantinya kita menghadapi kondisi-kondisi yang tidak pasti dan sangat kompleks," terangnya.

Kepala UPT BLK Surabaya, Sunarya, mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas dan etos kerja para pencari kerja sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Selain itu juga memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap disiplin bagi para pencari kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan dan persyaratan di tempat kerja.

Pelatihan berbasis kompetensi ini dilaksanakan mulai tanggal 19 juni 2023 sampai dengan selesai untuk masing-masing pelatihan  bertempat di UPT BLK Surabaya. Adapun sasaran pelatihan, yaitu para pencari kerja dan korban PHK.  

Dari 8 paket pelatihan, masing – masing terdiri dari 16 siswa sehingga jumlah seluruh siswa adalah 128 orang. Untuk metode pelatihan, yaitu klasikal dan tutorial secara materi dan klasikal dan tutorial secara praktik. Sedangkan penilaian peserta terdiri dari 3 aspek, yaitu sikap perilaku, pengetahuan teori dan kemampuan praktek. (her/s) 

#Disnakertrans Jatim