Jumat, 20 September 2024

Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah se-Banyuwangi Ikut Pelatihan Fasilitator Pembinaan PMR SMA/SMK

Diunggah pada : 5 Juni 2024 17:38:48 47
Pelatihan Fasilitator Pembinaan PMR SMA/SMK se-Banyuwangi. Sumber Foto: PMI Jatim

Jatim Newsroom – Sesuai nota kesepahaman antara Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Banyuwangi dengan PMI Banyuwangi, telah dilaksanakan Pelatihan Fasilitator Pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) SMA/SMK se-Banyuwangi yang diikuti 30 orang guru dan tenaga administrasi sekolah bertempat di Aula Cabang Dinas Pendidikan Banyuwangi.

Mengutip laman PMI Jatim, Rabu (5/6/2024), Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Banyuwangi dengan PMI Banyuwangi, Mohamad Arief Ainur Rozie, berharap agar peserta menjadi salah satu penggerak kesehatan dan kesiapsiagaan bencana di sekolah. Pasalnya, cuaca saat ini tidak menentu. 

Maka, sekolah diharapkan tidak menjadi tempat penyebaran penyakit, satu orang sakit akan menyebar ke seluruh kelas serta PMR menjadi ujung tombak penggerak di lingkungan sekolah.

Ia menerangkan ini merupakan program kedua dari pelaksanaan MoU Cabdin dengan PMI, setelah sukses menggelar Forpis Berbagi Takjil. Ke depan setiap sekolah SMA/SMK yang ada di Banyuwangi dapat memiliki Fasilitator PMR.

Wakil Ketua PMI Banyuwangi, Nurhadi menyampaikan, "Pembina PMR saat ini dituntut lebih kreatif dalam mendampingi PMR. Tidak hanya mendampingi tapi juga harus bisa menjadi Fasilitator PMR yang memberikan materi karena keterbatasan Fasilitator PMR yang ada di PMI,” ujarnya. 

Ia pun memohon dukungan kepada Pembina PMR dan anggota PMR agar ikut menyukseskan Gerakan Bulan Dana PMI di sekolah masing-masing yang diselenggarakan pada bulan Juni-Agustus 2024.

Nuning Hariyati salah satu peserta dari SMAN 1 Genteng menyampaikan harapannya. "Semoga Pelatihan Fasilitator PMR ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para pembina PMR di sekolah/instansi tempat mengabdi. Besar harapan kami pada peserta didik yang tergabung di Palang Merah Remaja menjadi Relawan-relawan Muda masa depan yang tangguh, tanggap, berakhlak, dan bermartabat serta bermanfaat bagi sesama," tambahnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #PMI Jatim #palang merah remaja