Jumat, 20 September 2024

FAJI Jatim Tabuh Genderang Pertempuran PON XXI Aceh-Sumut

Diunggah pada : 15 Agustus 2024 9:02:58 76
FAJI Jatim Tabuh Genderang Pertempuran PON XXI Aceh-Sumut

Jatim Newsroom- Genderang pertempuran sudah ditabuh kontingen Arung Jeram Jawa Timur yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Sebanyak delapan atlet dan dua pelatih bertolak menuju Medan melalui Bandara Juanda Surabaya, Kamis pagi, (15/8/2024).

Ketua Umum Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Timur, Johanes Koento mengantakan para atletnya berangkat lebih awal untuk beradaptasi dengan venue arung jeram, di Sungai Alas, Aceh Tenggara. Sesuai jadwal, cabor arung jeram akan digelar 12-19 September 2024.

"Penting untuk berangkat lebih awal, karena kita belum pernah bertandingan di sana. Tidak hanya Jatim, daerah lain saya rasa juga banyak yang belum mengatahui kondisi venue. Jadi tidak perlu takut, " ucap Johanes Koento saat mengajak makan malam para atlet sehari jelang keberangkatan.

Ditambahkan Koento, dengan kekuatan delapan atlet, terdiri dari empat putra dan empat putri, arung jeram bisa memenuhi target KONI Jatim yaitu dua medali medali emas. Alasannya, selain hasil dari Kejurnas bulan lalu, hasil tes fisik atlet juga memuaskan. "Jatim akan turun di empat nomor, kita optimis bisa meraih hasil maksimal. Di Kejurnas terkahir kita dapat dua emas, dan di nomor putra kita hanya selisih 0,1 detik dari tuan rumah DKI, artinya peluang di PON tetap terbuka, " ucap Koento, mantan atlet karateka nasional ini.

Ketua Umum Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Timur, Johanes Koento

Selain itu, hasil tes fisik atlet arung jeram yang dilakukan oleh KONI Jatim juga menunjukkan progres memuasakan karena nilainya di atas rata-rata. Salah satunya, hasil tes VO2max. "Fisik menjadi modal penting di olararaga ini. Saya pesan kepada para atlet untuk menjaga Kesehatan selama di sana. Jangan mengkonsumsi makanan yang aneh-aneh, ikut intruksi pelatih. Jangan minum es banyak-banyak di sana cuaca cukup panas, " pesannya.

Diketahui, abor arung jeram beru pertama kali dipertandingkan secara resmi dalam ajang PON. Total ada 16 medali emas yang akan diperebutkan di multievent olahraga terbesar di Indonesia itu. (her/hjr)

#PON 2024