Jumat, 20 September 2024

Fadli Zon Turun Gunung Lihat Pameran Pusaka di Ponorogo

Diunggah pada : 5 Juli 2024 18:30:07 42
Foto: Kominfo Ponorogo - Devi

Jatim Newsroom - Anggota DPR RI yang juga ketua umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI), Fadli Zon turun gunung melihat pameran pusaka bersamaan rangkaian Grebeg Suro 2024 di Pendopo Pemkab Ponorogo Kamis (4/7/2024).

Dalam rilisnya hari ini, Jumat (5/7/2024), Fadli Zon mengapresiasi  pameran bertajuk Spirit of Keris for The World yang digelar mulai 5-6 Juli 2024 . 

Fadli Zon menginginkan keris Indonesia yang sudah mendapat pengukuhan dari UNESCO sebagai karya agung warisan kemanusiaan ikut mengisi Monumen Reog dan Museum Peradaban di Sampung. Fadli Zon sempat memberikan bocoran bahwa cukup banyak benda bersejarah dari Ponorogo yang tersimpan di museum Belandadan diupayakan kembali ke Ponorogo

Foto: Kominfo Ponorogo

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa keris bukan semata senjata, melainkan memilikin ilai seni, visual, dan sains. Keris yang sudah dikenal masyarakat Jawa sejak abad ke-9, itu termasuk peninggalan peradaban manusia dengan teknologi tingkat tinggi dalam pembuatannya.

 "Sudah pasti keris layak mengisi museum peradaban di Sampung," terang Kang Bupati --sapaan Bupati Sugiri Sancoko. 

Dalam momen yang sama juga berlangsung pengukuhan SNKI Korwil Mataraman. (yan/hjr)

#ponorogo