Jumat, 20 September 2024

DPD RI Terpilih, Lia Istifahma Apresiasi Kanwil Kemenkumham Jatim Dalam Penanganan Pelanggaran HAM

Diunggah pada : 12 Juli 2024 16:04:00 14
Anggota DPD RI, Lia Istifahma saat FGD bersama Kanwil Kemenkumham Jatim. (Pca)

Jatim Newsroom - Senator DPD RI terpilih, Dr. Lia Istifhama, mengapresiasi upaya penanganan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terus berkembang,yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Lia Istifahma di acara Focus Group Discussion (FGD) dengan topik “Peraturan Menteri Hukum Dan HAM Nomor 23 Tahun 2022 Tentang Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM.” FGD ini berlangsungdi Ruang Rapat Divisi Yankum Jayanagara, Jumat (12/7/2024).

Kemudian, Ning Lia sapaan akrabnya menceritakan pengalamannya menerima layanan dari Kanwil Kemenkumham Jatim. “Orang tua saya menjadi korban penipuan yang diperiksa dalam Majelis Pengawas Wilayah yang merupakan bagian dari Kemenkumham Jatim. Cara MPW melakukan sidang sangat obyektif, menunjukkan integritas dan netralitas,” ucap Ning Lia sapaan akrab dari Lia Istifhama.

lanjut Ning Lia yang merupakan keponakan dari mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga mengapresiasi FGD ini sebagai bentuk pendalaman data lapangan tentang peristiwa pelanggaran HAM di tengah masyarakat. “Kanwil Kemenkumham Prov Jatim termasuk tiga besar yang menerima pengaduan pelanggaran HAM, bukti bahwa Kemenkumham Jatim berhasil hadir di tengah masyarakat dan mendapatkan kepercayaan,” tandasnya.

Ning Lia yang dikenal sebagai Srikandi Nahdlatul Ulama (NU) Jatim, ini menyinggung tentang potensi kejahatan kerah putih yang seringkali melibatkan individu atau kelompok dengan akses terhadap sumber daya keuangan atau informasi rahasia. “Ketidaktahuan masyarakat terhadap masalah hukum membuat mereka rentan menjadi korban,” jelasnya.

Ia berharap ada efek jera pada pelaku kejahatan kerah putih. “Tidak ada alasan pihak yang berwenang dalam sebuah perikatan tidak tahu detail obyek perikatan. Jika ada oknum yang memiliki kewenangan melakukan pelanggaran HAM, harus ada sanksi tegas, termasuk publikasi ke media massa untuk menghindari lebih banyak korban,” tegas Lia.

Dengan adanya FGD ini, Lia Istifhama berharap adanya langkah preventif untuk mencegah kejahatan kerah putih dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. “Kami mengimbau kepada orang tua untuk lebih waspada dan menjaga anak-anaknya dalam bermain dan bergaul. Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan,” pungkasnya. (pca/hjr)

#DPD RI

Berita Terkait

Sambut HUT ke-79 Republik Indonesia
Dishub Jatim Akan Luncurkan Empat Progra...
3 Agustus 2024
thumb
Berhasil Tingkatkan Investasi di Jatim
DPD RI Terpilih, Lia Istifhama Puji Kine...
23 Juli 2024
thumb
Positioning Bumdes Jawa Timur Bukan Isapan Jempol
Anggota DPD RI Terpilih, Lia Istifahma A...
2 Juli 2024
thumb