Jumat, 20 September 2024

DP3AK Jatim Gelar Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengrusutamaan Gender

Diunggah pada : 23 Agustus 2023 12:12:26 99

Jatim Newsroom - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Jatim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Strategi Pengrusutamaan Gender (PUG).

Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3AK Jatim, One Widyawati mewakili Plt kadis DP3AK Jatim Restu Novi Widiani, membuka kegiatan ini, Rabu (23/8/2023).

Rakor Pokja PUG bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam pelaksanaan strategi PUG bagi pengelola program di perangkat daerah Provinsi Jawa Timur. Selain itu juga untuk menyiapkan data-data melalui sosialisasi kebutuhan data dan membangun sistem pengumpulan data yang diperlukan dalam evaluasi PUG Nasional.

One Widyawati menjelaskan, strategi PUG merupakan salah satu strategi yang diamanahkan dalam Dokumen RPJMD Provinsi Jawa Timur 2019-2024. Selain itu Amanah Pelaksanaan Strategi PUG di dikuatkan dengan Perda No 9 Tahun 2019 tentang PUG. Berdasarkan regulasi tersebut, Provinsi Jawa Timur berkomitmen melaksanakan PUG semua perangkat daerah di Provinsi Jawa Timur.

Saat ini, kata One, sudah 21 Kab/Kota mempunyai dasar Hukum dalam Perda masing-masing.  Komitmen tersebut mendorong pelaksanaan  7 (tujuh) Prasyarat PUG  di Provinsi dan Kab/Kota yang terdiri : 1) Komitmen; 2) Kebijakan; 3) Kelembagaan ; 4) Sumber Daya; 5) Data Terpilah ; 6) PPRG  dan 7) Partisipasi Masyarakat .

"Provinsi Jawa Timur melalui pelaksanaan 7 Prasyarat tersebut telah melaksanakan seluruhnya, walaupun masih belum semua prasyarat optimal dilaksanakan, misalnya terkait prasyarat ketujuh tentang Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang belum semua perangkat daerah menyusun dengan benar," ujar One.

Hal ini, sambung One, kemungkinan disebabkan belum semua pengelola program di perangkat daerah memahami isu gender dan integrasi gender dalam perencanaan dan penganggaran. Selain itu perubahan atau perpindahan pengelola kegiatan di perangkat daerah juga akan mempengaruhi penyusunan PPRG.

"Tahun 2023 ini akan dilakukan evaluasi PUG nasional untuk menilai pelaksanaan strategi PUG untuk mendorong kesetaraan dan keadilan gender di daerah. Kementerian PPPA sudah menyusun draft lembar kerja evaluasi (LKE) PUG. Untuk itu Jawa Timur juga bersiap melaksanakan pengisian aplikasi yang akan dibangun PPPA sesuai LKE PUG tersebut, terang One.

Melihat permasalahan tersebut, menurut One, tim Pokja PUG harus dikuatkan kembali dalam pemahaman dan pelaksanaan Strategi PUG dan diperlukan persiapan yang matang dalam mengikuti Evaluasi PUG Nasional 2023 karena Jawa Timur sudah 4 kali mendapatkan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Katagori Mentor (tertinggi).

Peserta sejumlah 80 orang terdiri dari Ketua Pokja PUG, Tim Penggeran POG dan Anggota Pokja PUG Provinsi, sedangkan narasumber dari Bappeda Provinsi, Fasilitator PUG Provinsi  dan Kabid PPKG DP3AK Provnsi

Diharapkan rapat ini menghasilkan perbaikan pemahaman PUG dan mampun menyusun PPRG dan adanya data-data yang dikumpulkan stelah pertemuan untuk persiapan evaluasi PUG Nasional. (her/s) 

#DP3AK