Jumat, 20 September 2024

DP3AK Jatim Buka Kelas Hukum Bagi Perempuan

Diunggah pada : 27 Juli 2023 15:42:08 94

Jatim Newsroom - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur membuka kelas hukum bagi perempuan yang ingin mempelajari  tentang hukum. Kelas ini dilaksanakan di UPT Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) di Jalan Arjuno Surabaya, Kamis (27//2023).

Plt Kadis DP3AK Jatim, Restu Novi Widiani, yang di wakili kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3AK Jatim, One Widyawati, dalam pembukaan kelas mengatakan, DP3AK Jatim merupakan dinas yang diberikan tugas untuk mendorong tercapainya kesetaraan gender melalui kegiatan pemberdayaan perempuan.

Dikatakannya, pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi atau bidang sosial beberapa sudah dilaksanakan. Bahkan sudah ada yang membuka warung/lapak untuk yang bidang ekonomi, sedangkan bidang sosial telah dilakukan melalui pengajian, ibadah, dan beladiri.

"Pada kesempatan ini kita akan melakukan kelas hukum. Kelas hukum merupakan konteks pembelajaran di bidang hukum yaitu belajar tentang bagaimana sistem hukum di Indonesia, bagaimana perempuan perlu melek hukum agar bisa memberikan pembelaan dan mampu memberikan kesaksian serta memberikan keputusan yang benar bila menghadapi masalah hukum, ujarnya.

Menurutnya, banyak permasalahan hukum yang sering tidak berpihak pada perempuan dan anak. Hal ini karena  perempuan merasa tidak punya kemampuan dalam mengambil keputusan (menjadi nomor dua dalam pola patriaki). Perempuan tidak paham/buta hukum dan Perempuan banyak dirugikan/menjadi korban  dan tidak bisa membela diri.

Melalui pembelajaran ini diharapkan perempuan dapat meningkatkan kualitas/kemampuan/kapasitas perempuan agar Melek hukum. Selain itu, juga mampu membela diri ketika menemui permasalahan hukum dan menjadi agen of change untuk dapat mendampingi keluarga, atau masyarakat sekitarnya bila mengalami masalah hukum, terutama masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Saya berharap peserta kelas hukum ini sungguh-sungguh berkomitmen untuk mengikuti kelas ini  sampai dengan selesainya agar menjadi perempuan yang kuat dan hebat dan sumberdaya yang andal dan hasilnya meningkat yang berarti kamampuannya meningkat, sehingga  dapat di pertanggungjawabkan, tuturnya.

Kelas hukum akan dibuka 6 kali pertemuan dan dilaksanakan setiap hari kamis jam 13.00 s.d jam 15.30 WIB. "Nanti pada Desember pada hari ibu direncanakan  ada wisuda oleh Gubernur Jatim bagi peserta yang rajin/ berkomitmen untuk aktif dan mengikuti kelas ini sampai selesai,"' katanya. (her/s)

#DP3AK