Jumat, 20 September 2024

Disnakertrans Jatim Gelar Rakor dan Sinergitas Bidang Latpro

Diunggah pada : 4 Juni 2024 19:40:39 112
Foto Bersama, Disnakertrans Jatim Gelar Rakor dan Sinergitas Bidang Latpro

Jatim Newsroom- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Disnakertrans Jatim) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinergitas Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Latpro) yang bertempat di Grans Swiss Bellhotel Darmo Surabaya selama dua hari, Selasa (4/5) dan Rabu (5/5).

Saat membuka kegiatan tersebut, Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto, ST., MM mengatakan fokus dari kegiatan koordinasi dan sinkronisasi serta sinergitas ini adalah mengevaluasi program pelatihan dan produktivitas Tahun 2022 dan 2023 serta rencana kegiatan tahun 2024.

Kondisi ketenagakerjaan di masa mendatang, kata Sigit, mutlak diperlukan kebijakan ketenagakerjaan yang fleksibel. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan melakukan ekosistem ketenagakerjaan yang kondusif bagi pengusaha dan bekerja, serta dapat memperluas lapangan kerja.

"Selain itu, perlindungan tenaga kerja melalui jaminan kehilangan pekerjaan, jaminan pelatihan dan sertifikasi juga harus didorong untuk menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang fleksibel dan kompetitif, " ujarnya. 

Sigit juga menambahkan, dalam rangka mendukung pembangunan SDM berkualitas , maka capaian atau keberhasilan pembangunan nasional di bidang ketenagakerjaan akan terwujud apabila terbangun sinergitas antara provinsi dan kabupaten kota. "Dengan sinergikan pembangunan Ketenagakerjaan di tingkat pusat dan daerah, diharapkan pembangunan SDM dapat berjalan maksimal, " katanya

"Marilah kita membangun sinergitas dan kolaborasi secara baik dengan komitmen yang tinggi, antara provinsi dan kabupaten kota untuk mencapai hasil yang maksimal. Teamwork menjadi suatu keharusan, dan tidak ada lagi sekat-sekat antara pusat dengan daerah, " tandasnya. 

Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto,

Dengan kegiatan sinkronisasi dan sinergitas ini, kata Sigit, diharapkan dapat tercipta sinergi dan kolaborasi, antara aspek holder di pusat dan daerah yang dapat menjadi solusi efektif dalam mewujudkan SDM unggul Jawa Timur maju menuju generasi Indonesia emas. 

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Jatim, Dwi Andriyani Suryati, S.Sos., M.M menyampaikan tujuan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinergitas Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Latpro) yaitu agar terjalin sinergitas dalam pelatihan dan produktivitas antara Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jatim. 

"Kemudian diharapkan adanya peningkatan koordinasi dan sinergitas terkait dengan data data bidang pelatihan dan produktivitas antara Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jatim, " katanya. 

Adanya kegiatan tersebut, lanjutnya yang paling penting juga membangun komitmen antara Pemprov Jatim dan Kabupaten/Kota di Jatim untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka penyiapan SDM unggul Indonesia Emas. "Kegiatan ini juga harus ada peningkatan keberhasilan dalam pelaksanaan program pelatihan pada lembaga pelatihan kerja pemerintah maupun lembaga pelatihan kerja swasta, " tandasnya. 

Peserta yang turut dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang diantaranya perwakilam kabupaten/kota dan UPT dibawah Disnakertrans Jatim. Dan narasumber diantaranya dihadiro dari Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker RI. (her/hjr)

#Disnakertrans Jatim