Jumat, 20 September 2024

Diskop UKM Jatim Ajak UMKM Belajar Membuat Olahan Roti

Diunggah pada : 24 November 2023 14:23:56 19
Pelatihan membuat olahan roti oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim), di Sidoarjo. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) mengajak 60 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk berlatih membuat olahan roti, di Sidoarjo. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim, Jumat (24/11/2023), Diskop UKM Jatim meyakini lima langkah strategis untuk meningkatkan usaha pelaku UMKM. Mulai dari peningkatan kualitas kelembagaan, fasilitasi peningkatan kualitas SDM, peningkatan kualitas produksi, penguatan akses permodalan, dan perluasan akses pemasaran.

Kepala Bidang Pembiayaan, Diskop UKM Jatim Arif Lukman Hakim, mengapresiasi sinergi yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Jawa Timur untuk terselenggaranya pelatihan ini.

"Saya sangat mengapresiasi atas kepedulian dan keberpihakannya kepada UMKM untuk bisa meningkatkan kualitas dari pelaku UMKM, karena hal ini sangat tepat, melihat besarnya kontribusi UMKM pada perekonomian Jawa Timur,” ungkap Arif.

Arif juga menceritakan pencapaian salah satu UMKM yang berhasil menembus ekspor untuk memotivasi para perserta yang hadir. 

“Kalau kualitas produk meningkat, maka akan kami bantu juga dalam pemasaran. Ada beberapa produk yang terkurasi artinya kualitas sudah memenuhi syarat untuk ekspor, akan kami ajak misi dagang yang di pimpin langsung oleh Gubernur Jatim, tahun kemarin ada yang ke Jeddah dan ke Riyadh,” imbuh Arif.

Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Benjamin Kristianto menyampaikan tujuan adanya kolaborasi yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Jawa Timur dan Diskop UKM Jatim.  

"Saya ingin membahagiakan Bapak/Ibu, berbagi kasih dan berbagi ilmu, dari kegiatan ini banyak keuntungannya kalau mengikuti kegiatan ini hingga tuntas. Jadi saya ingin Bapak dan Ibu gunakan pelatihan sebaik-baiknya," ujar Benjamin.

Para peserta diajak langsung membuat adonan roti hingga menjadi roti siap jual dengan didampingi oleh nasumber Endang Tri Pudjiastutik. Harapannya, akan memunculkan wirausahawan baru sebagai penopang ekonomi Indonesia. Dengan begitu, dunia usaha akan lebih banyak menyerap tenaga kerja, bisa mengatasi pengangguran dan kemiskinan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. (idc/s)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #olahan roti