Jumat, 20 September 2024

Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Gelar Lomba Kreativitas PAUD

Diunggah pada : 27 Juli 2023 8:51:33 56
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto mengadakan Lomba Kreativitas Peserta Didik PAUD dalam Rangka Hari Anak Nasional (HAN). Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati membuka acara tersebut di Gedung PGRI Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/7/2023).

Lomba kreativitas peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini mengusung tema 'Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada Tahun 2023, dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada Tahun 2045 Tanpa Perkawinan dan Kekerasan terhadap Anak'. 

Bupati Ikfina sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto memberikan pesan-pesan penting kepada seluruh orang tua maupun pendidik. Ia berpesan agar dapat menyayangi anak-anak, dengan menciptakan iklim belajar yang menyenangkan baik di sekolah maupun rumah.

"Perlindungan anak menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan. Jangan sampai anak kita berada dalam bahaya, baik yang mengancam fisik maupun jiwanya," ujar Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto ini. 

Perlindungan anak perlu dilakukan demi mendukung tumbuh kembang anak sesuai usia. Menurut Ikfina, perkembangan anak tergantung dari perlakuan orang tuanya terhadap mereka. "Jangan pernah membanding-bandingkan mereka dengan orang lain. Kita harus penuhi hak dia, kita beri kasih sayang dan kita lindungi," jelasnya melalui rilis Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto (27/7/2023). 

Bupati Mojokerto juga meminta orang tua untuk mendukung program transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan. Hal itu untuk membentuk kualitas serta mendukung tumbuh kembang anak secara optimal dalam memasuki masa pendidikan dasar.

"Salah satunya adalah bagaimana memperlakukan anak kita di PAUD dengan nyaman, supaya tidak ada memori yang tidak baik dalam hidup mereka. Tidak boleh ada paksaan harus bisa calistung. Apalagi dengan cara belajar memaksa, di bawah ancaman, maupun keterpaksaan dengan suasana tidak menyenangkan. Anak-anak kita harus selalu berbahagia dan bergembira," pungkasnya. (idc/s)

#pendidikan #Kabupaten Mojokerto #PAUD