Jumat, 20 September 2024

Bupati Ponorogo Buka Lomba Macapat Pelajar

Diunggah pada : 24 Juni 2024 18:02:22 61
Foto :Kominfo Ponorogo

Jatim Newsroom – Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko membuka lomba Macapat yang pesertanya dari kalangan pelajar dalam rangkaian Grebeg Suro yang berlangsung di aula Bappeda Litbang Ponorogo, Senin (24/6/2024) dan turut menunjukkan kepiawaiannya menembangkan Pangkur Pelog 6.

"Pelajar di Ponorogo akan menjadi penerus yang hebat karena selain pandai mengaji, juga pintar nembang," kata Kang Bupati --sapaan Bupati Sugiri Sancoko. 

Kang Bupati berharap ada lomba membuat cakepan macapat sesuai pakem guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu itu. Butuh upaya ekstra karena terdapat 11 jenis tembang macapat yang memiliki perjalanan sejarah panjang serta menjadi penyampai pesan. "Syair dalam bahasa Jawa yang dilagukan ini begitu mengagumkan," terangnya. 

Foto :Kominfo Ponorogo

Peserta lomba nembang macapat itu berasal dari pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat. Dua peserta tingkat SD mewakili  setiap kecamatan untuk kelompok putra dan putri. 

Menurut Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Ponorogo, Sindu Prawoto, tembang wajib untuk lomba tingkat SD adalah Durma Surya Greged Pelog 6, SMP (Sinom Grandhel Pelog 6), sedangkan peserta tingkat SMA menembangkan Dhandanggula Nawa Dharma Nyata. "Banyak peminat dan komunitas macapatan di Ponorogo supaya orang Jawa tidak kehilangan kejawennya,”  ungkap Prawoto.  

Macapat adalah salah satu karya sastra Jawa dengan tingkat kesulitan tinggi karena menganut aturan  jumlah baris, jumlah suku kata, maupun bunyi sajak akhir tiap baris. (yan/hjr)

#ponorogo