Jumat, 20 September 2024

Bupati Mojokerto Minta Tenaga Pendidik Fokus Bangun 6 Fondasi Dasar Anak

Diunggah pada : 15 November 2023 14:11:07 41
Tenaga Pendidik TK dan PAUD di Kabupaten Mojokerto ikut advokasi transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan, pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan PAUD. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meminta tenaga pendidik di Kabupaten Mojokerto untuk fokus terhadap pembangunan enam fondasi dasar anak yang harus dilakukan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SD kelas 2.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Mojokerto (15/11/2023), enam kemampuan fondasi tersebut terdiri dari mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, serta kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar. 

Selain itu, ada kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, serta pemaknaan belajar sebagai suatu hal yang menyenangkan dan positif.

"Saya minta tenaga pendidik untuk fokus dan paham dengan 6 fondasi dasar anak agar mereka punya kepercayaan diri dan kemampuan, sehingga bisa menjauhkan dari bullying. Juga bisa membuat anak-anak berani mengatakan 'tidak' itu akan bisa menjaga dirinya," tuturnya. 

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pendidikan juga terus berupaya meningkatkan mutu PAUD. Salah satu langkah yang ditempuh adalah melalui kegiatan advokasi transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan, pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan PAUD. (idc/s)

#pendidikan #Kabupaten Mojokerto #PAUD