Jumat, 20 September 2024

Siapkan Program RR

BPBD Jatim Tinjau Infrastruktur Terdampak Bencana di Ponorogo

Diunggah pada : 3 Juli 2024 12:37:06 47
Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto meninjau langsung kondisi infrastruktur Kabupaten Ponorogo, berupa, perbaikan jembatan dan talud sungai yang rusak tergerus bencana banjir. (dok. BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Bencana hidrometeorologi yang marak terjadi di Jatim dalam beberapa tahun terakhir, menyisakan dampak kerusakan infrastruktur di sejumlah daerah. Karenanya, BPBD Jatim berupaya mengembalikan fungsi infrastruktur tersebut melalui program rehabilitasi dan rekonstruksi (RR).

Salah satunya, seperti yang akan dilakukan di Kabupaten Ponorogo, berupa, perbaikan jembatan dan talud sungai yang rusak tergerus banjir. Guna memastikan sasaran kegiatan ini, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto meninjau langsung kondisi infrastruktur tersebut, Rabu (3/7/2024). Yakni, Jembatan Doplang di Desa Bajang Kec. Balong, yang putus akibat luapan banjir, pada 17 Januari 2022, dan talud sungai di Desa Ketonggo Kec. Bungkal, yang ambrol akibat terkikis luapan banjir pada 30 Januari 2023.

Luapan banjir sungai Ketonggo kala itu juga mengikis sebagian pinggiran badan jalan yang mengakibatkan bangunan Pos Kamling ambrol ke sungai. Ia pun berharap, kegiatan rehabilitasi infrastruktur terdampak bencana itu bisa segera dilangsungkan tahun ini melalui bantuan program rehabilitasi  dari BPBD Jatim.

"Nanti, verifikasi ini akan ditindaklanjuti oleh tim RR. Semoga pengerjaannya bisa segera dimulai, agar infrastruktur yang rusak bisa segera difungsikan kembali oleh masyarakat," harapnya dalam keterangan tertulisnya, rabu (3/7/2024).

Turut mendampingi dalam kunjungan ini, Kalaksa BPBD Kab. Ponorogo Masun SPt. MA, Kabid PK BPBD Jatim Bige Agus Wahyuono SE, Kabid KL BPBD Kab. Ponorogo, Tenaga Ahli Bidang RR BPBD Jatim, dan kepala desa setempat. (pca/hjr)

 

#BPBD Jatim