Jumat, 20 September 2024

BPBD Jatim : Pembentukan Destana Berlanjut di Ponorogo dan Lamongan

Diunggah pada : 3 Juli 2024 11:04:35 58
Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto saat menghadiri pembentukan Destana Jatim di Kab. Ponorogo. (Dok. BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Upaya pembentukan 70 Desa Tangguh Bencana (Destana) se-Jatim yang ditargetkan BPBD Jatim terus berlangsung hingga kini. Awal pekan ini, pembentukan Destana bergeser di wilayah Kabupaten Ponorogo dan Lamongan. Khusus di Ponorogo, pembentukan Destana menyasar Desa Braho Kec. Siman, yang menjadi langganan banjir tahunan.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto SE, M.PSDM membuka langsung pembentukan Destana di desa ini, Rabu (3/7/2024). Turut mendampingi, Kabid PK BPBD Jatim Bige Agus Wahyuono SE, Kalaksa BPBD Kab. Ponorogo Masun SPt. MA, Camat Siman Setya Antari S.Sos, Danramil dan Wakapolsek setempat, serta Kades Braho, Moch. Ali Imron.

Kades Braho dan Kalaksa BPBD Ponorogo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas penunjukan Desa Braho sebagai lokasi Destana Jatim tahun ini. Selain Desa Braho, pembentukan Destana di Ponorogo juga akan dilangsungkan di Desa Bekiring Kec. Pulung, yang memiliki potensi bencana tanah longsor dan gerakan tanah.

"Dulu Desa Braho ini tidak mengenal banjir. Tapi, dalam beberapa tahun ini,  kami selalu dapat banjir kiriman yang disertai dengan ranting-ranting bambu. Semoga dengan dibentuknya Destana ini, kami bisa melakukan mitigasi dan pencegahannya," ujar Kades Ali Imron.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto lalu menegaskan, pembentukan Destana di berbagai daerah di Jatim ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Tujuannya, selain mampu melakukan mitigasi bencana di wilayah desanya, juga agar masing-masing relawan Destana mengetahui tugasnya saat terjadi bencana.

"Jadi, kalau yang ikut dalam kegiatan ini ada unsur Karang Taruna, Ibu-ibu PKK dan unsur masyarakat lainnya, maka masing-masing nanti harus tahu, siapa berbuat apa, saat akan terjadi banjir kiriman," terangnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/7/2024).

Namun, ia berharap, dengan upaya mitigasi yang dilakukan bersama unsur BPBD dan elemen lainnya,  banjir kiriman bisa dihentikan. Usai seremoni pembukaan, pembentukan Destana kali ini juga ditandai dengan penyerahan bantuan 100 bibit pohon produktif dan dilanjut dengan simbolis penanaman di area balai desa setempat.

Sementara itu, untuk pembentukan Destana di Lamongan, kegiatannya  menyasar Desa Dinoyo Kec. Deket dan Desa Pucangro Kec. Kalitengah. (Pca/hjr)

#BPBD Jatim