Jumat, 20 September 2024

Perkuat Manajemen Relawan

BPBD Jatim Bareng Siap Siaga Gelar Bimtek E-Volunteer

Diunggah pada : 9 Juli 2024 14:46:33 87
BPBD Jatim bersama Siap Siaga Gelar Bimtek E-Volunteer di Surabaya. (Dok.BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Masih ingat launching aplikasi e-volunteer yang dilangsungkan di sela event Jambore Relawan se-Jatim di Magetan, tahun lalu?. BPBD Jatim berkolaborasi dengan Siap Siaga Perwakilan Jatim sedang melakukan evaluasi dan optimalisasi penerapan aplikasi tersebut.

Kegiatan yang bertujuan untuk penguatan sistem manajemen relawan ini dilangsungkan di Hotel Santika Premier, Gubeng, Surabaya, Senin (8/7/2024) sore, dengan tajuk Bimbingan Teknis Aplikasi E-Volunteer untuk Penguatan Mekanisme Kerja Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur. 

Hadir dalam acara ini, Koordinator Program Siap Siaga Jatim Ancilla Bere,  Manajer Pusdalops BPBD Jatim Dino Andalananto, dan Koordinator SRPB Jatim Subekti Rahmad Kimiawan.

Sedang, sebagai peserta dalam kegiatan ini, hadir perwakilan organisasi relawan yang tergabung dalam mitra Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim. “Intinya e-volunteer ini adalah untuk mengintegrasikan semua elemen relawan agar tidak tumpang tindih,” ungkap Dino Andalananto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/7/2024)

Menurutnya, semua organisasi relawan wajib membekali anggotanya dengan dasar manajemen penanggulangan bencana, agar bisa terintegrasi dengan sistem penanggulangan bencana, salah satunya melalui e-volunteer pada fase penanganan darurat. "E-volunteer ini sekaligus untuk menghilangkan ego sektoral antarorganisasi relawan," tegasnya.

Perwakilan Siap Siaga, Mambaus Suud juga mengiyakan pernyataan yang disampaikan Dino Andalananto.  Menurutnya, meski aplikasi ini baru diperkenalkan saat Jambore Relawan se-Jatim tahun lalu, namun gaungnya sudah kemana-mana. Buktinya, 92 organisasi relawan dengan 272 relawan se-Jatim kini sudah masuk dalam data base aplikasi ini.

"Memang belum semua relawan masuk di database ini. Namun kami berharap, semua organisasi relawan nantinya bisa masuk dalam aplikasi ini.  Sebab, salah satu upaya dari e-volunteer ini adalah untuk satu data bencana,” terangnya.

Sementara, Koordinator SRPB Jatim Subekti Rahmad Kimiawan menyampaikan terima kasih kepada Siap Siaga dan BPBD Jatim atas penyelenggaraan kegiatan ini. Baginya, kegiatan ini sangat penting untuk mengupgrade kemampuan teknis dan kapasitas para relawan, salah satunya melalui praktik pelatihan e-volunteer yang dilakukan step by step. “Terima kasih atas kehadiran teman-teman relawan mitra SRPB. Ini merupakan bagian upgrade kemampuan kita dalam rangka meningkatkan kapasitas relawan,” katanya.

Hadir juga sebagai pemateri dalam acara ini, Dewan Pengarah SRPB Jatim, Dian Harmuningsih, yang juga mantan Koordinator SRPB Jatim. (Pca/hjr)

#BPBD Jatim