Jumat, 20 September 2024

Siaga Darurat Karhutla

BPBD Bersama Forum PRB Jatim Bentuk Forum Tematik Lingkar Arjuno Welirang Anjasmoro

Diunggah pada : 6 Agustus 2024 15:03:47 65
BPBD Jatim bersama Forum PBR Bentuk Forum Tematik Lingkar Arjuno Welirang Anjasmoro. (Dok. BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Mendasari kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2023 lalu, Forum PRB Jatim bersama BPBD Jatim dan Direktorat Kesiapsiagaan BNPB, menggelar aksi kesiapsiagaan Karhutla untuk wilayah Lingkar Arjuno Welirang Anjasmoro.

 

Kegiatan yang dikemas dalam tema Siaga Darurat Karhutla Lingkar Arjuno Welirang Anjasmoro di Sampoerna Enterpreneurship Training Centre (SETC), Sukorejo, Kab. Pasuruan. Sedikitnya, 130 peserta yang berasal dari berbagai relawan di enam wilayah Lingkar Arjuno Welirang Anjasmoro, hadir mengikuti kegiatan ini. Meliputi, wilayah Kabupaten Pasuruan, Kab. Malang, Kota Batu, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang dan Kab. Kediri.

 

Hadir juga Kalaksa BPBD Kab/Kota dari enam daerah, Camat Prigen, dan sejumlah perwakilan manajemen dari berbagai perusahaan dan organisasi relawan, seperti Rumah Zakat, Sampoerna Rescue, United Tractor Indonesia, Paiton Energi, PT. HM Sampoerna, PT Tirta Investama Pandaan, Redline Production  Jember dan DPD Gapeksindo Jatim.

 

Sepanjang dua hari ini, para peserta mengikuti serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas dalam bentuk penyampaian materi dan simulasi penanganan Karhutla. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo, Tim Sampoerna Rescue, Tim Paiton Operation and Maintenance Indonesia (POMI), Sekjen FPRB Jatim, dan Kabid KL BPBD Jatim Satriyo Nurseno.

 

Kalaksa BPBD Jatim yang diwakili Kabid PK Bige Agus Wahyuono membuka secara resmi kegiatan ini. Turut mendampingi, Sekjen FPRB Jatim Catur Sudarmanto dan segenap pengurus FPRB Jatim. Ia Agus Wahyuono dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024) menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas terbentuknya Forum Tematik Siaga Darurat Karhutla ini. 

 

Baginya, forum yang merepresentasikan keterlibatan semua unsur penthahelix ini sangat penting, karena bisa merespon cepat kemungkinan kejadian Karhutla di wilayah Arjuno Welirang Anjasmoro. Karenanya, ia berharap munculnya Forum yang sama untuk tema-tema lainnya.

 

Sementara, Sekjen FPRB Jatim Catur Sudarmanto juga menyampaikan terima kasih atas support dan keterlibatan berbagai unsur penthahelix dalam kegiatan ini. Ia berharap, keberadaan forum tematik Karhutla di Kawasan Lingkar Arjuno Welirang Anjasmoro ini bisa menjadi ajang koordinasi, komunikasi dan aksi segenap unsur penthahelix dalam penanganan Karhutla di wilayah ini. (Pca/hjr)

 

 

#BPBD Jatim