Jumat, 20 September 2024

Bawaslu Kota Surabaya Lakukan Proses Perekrutan Panwascam untuk Pilkada Serentak 2024

Diunggah pada : 16 Mei 2024 20:02:36 195
Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Novli Besrnado.

Jatim Newsroom – Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya sedang melakukan proses rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di 31 kecamatan wilayah Kota Surabaya untuk Pilkada Serentak Tahun 2024. Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Novli Bernado saat menghadiri pelantikan Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Serentak, pada Kamis (16/5/2024), di Surabaya. 

“Saat ini Bawaslu Kota Surabaya sedang melakukan proses perekrutan Panwaslu Kecamatan di 31 kecamatan Kota Surabaya. Jadi kita memakai sistem evaluasi ya, dan yang kedua adalah perekrutan kembali kepada Panwascam yang sesuai dengan kebutuhan kecamatan,” tutur Novli. 

Lebih lanut, Novli menerangkan, proses tahapan perekrutan Panwascam untuk Pilkada serentak tahun 2024 ini awalnya adalah evaluasi dan seleksi. “Bagi yang tidak memenuhi syarat, maka akan secara otomatis berhenti dari prioritas,” terangnya. 

“Nah, kemudian untuk mengisi kekosongan dari yang tidak lolos evaluasi. Maka kita buka rekrutmen ulang di kecamatan-kecamatan yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini sedang berlangsung proses tahapan tersebut, perekrutan tahapan itu,” sambung Novli. 

Novli mengatakan, pada setiap kecamatan terkadang hanya ada satu Panwascam saja yang direkrut sesuai dengan kebutuhan masing-masing kecamatan. “Bisa jadi satu kecamatan hanya satu orang Panwascam sesuai kebutuhannya, atau bisa juga dua orang, bisa juga tiga,” ungkapnya. 

Selain proses rekrutmen Panwascam yang sedang berjalan, Novli memaparkan, Bawaslu Kota Surabaya juga membuka layanan aduan masyarakat yang menangani tanggapan masyarakat terkait dengan calon-calon Panwascam. 

“Jadi masyarakat bisa memberikan masukan saran jika terdapat calon Panwascam yang bermasalah ya, bisa itu yang bersangkutan merupakan anggota partner politik tertentu, atau bisa juga yang bersangkutan memakai jasa palsu, atau juga yang bersangkutan punya masalah hukum ya, masyarakat bisa memberikan informasi, masukan kepada Bawaslu Kota Surabaya,” ujar Novli. 

Novli menyampaikan, periode perekrutan Panwascam ini diperkirakan sesuai dengan jadwal yakni sampai akhir bulan. “Iya, setelah kita rekrut Panwascam, tentu saja tahapan berikutnya adalah kita melakukan perekrutan penyelenggara di tingkat kelurahan,” pungkasnya. (vin/s) 

#kota Surabaya #bawaslu #pilkada 2024 #Bawaslu Kota Surabaya #Panwascam

Berita Terkait

Dihadiri Stakeholder Pemilu dan Bacalon
KPU Jatim Matangkan Tahapan Kampanye Pil...
11 September 2024
thumb
Tidak Ada Pendaftar di Masa Perpanjangan.
KPU ; Lima Daerah di Jatim Lawan Kotak K...
6 September 2024
thumb