Jumat, 20 September 2024

ASN Pemkab Sidoarjo Implementasikan Aplikasi SIPGAR

Diunggah pada : 9 Juni 2024 17:21:06 31

Jatim Newsroom - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sidoarjo mengikuti tes kebugaran di Gelanggang Olahraga Kabupaten Sidoarjo, Minggu (9/6/2024), tidak ada batasan usia untuk ikut. Tidak hanya ASN yang masih muda, ASN yang mendekati pensiun juga ikut tes kebugaran yang dihadiri Sekda Sidoarjo Fenny Apridawati. 

Dinas Kesehatan Sidoarjo meminta para ASN menjadi sampling untuk mengukur sejauh mana tingkat kebugaran ASN di Sidoarjo. Mereka di tes kebugarannya dengan berlari sejauh enam putaran mengitari lapangan sepatu roda GOR Sidoarjo. Setelah itu, tes kebugaran tersebut diukur melalui aplikasi Sipgar (Sistem Informasi Kebugaran) yang merupakan aplikasi milik Kementerian Kesehatan RI.

Aplikasi Sipgar ditujukan untuk pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport. Rockport sendiri adalah salah satu metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan sepanjang 1.600 meter. Masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi Sipgar di platform Playstore. 

Sekda Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan, kebugaran ASN Sidoarjo penting diperhatikan. Pasalnya menjadi salah satu faktor penting penunjang kinerja pemerintahan. Produktifitas ASN tidak akan maksimal jika jasmaninya sakit. Oleh karenanya perlu diukur tingkat kebugaran ASN lewat kegiatan seperti ini. “Dengan kebugaran yang dimiliki, ASN harus maksimal menunjukkan kinerjanya,” ucap Fenny kepada peserta tes kebugaran yang akan diberangkatkannya.

Fenny berharap kinerja ASN Sidoarjo dapat terus ditingkatkan dengan kebugaran tubuh yang dimiliki. Apalagi Pemkab Sidoarjo berencana menaikan tunjangan kinerja seluruh ASN Sidoarjo. Oleh karenanya seluruh ASN Sidoarjo dimintanya dapat berkinerja maksimal. Bekerja dengan cerdas, Ikhlas, berkualitas dan tuntas demi kemajuan Kabupaten Sidoarjo.

“Wajib kita memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Sidoarjo dengan kebugaran kita, artinya kalau sekarang panjenengan diukur bugar, dengan  kebugaran panjenengan harus maksimal menunjukkan kinerjanya,” pintanya.

Fenny juga mengatakan tingkat kebugaran ASN Sidoarjo akan terus dievaluasi. Dinas Kesehatan Sidoarjo selaku pemangku kepentingan akan turun langsung ke OPD jika menemukan tingkat kebugaran seluruh pegawai OPD rendah. 

“Ini bagian dari evaluasi kami, panjenengan yang mewakili OPD akan menentukan apakah benar orang di OPD panjenengan pada bugar semua apa tidak, semisal tidak bugar, nanti Dinas Kesehatan akan mengecek langsung kemasing-masing OPD,” ucapnya. (van/hjr)

#kesehatan #Pemda Sidoarjo