Jumat, 20 September 2024

ASN Jatim Belajar Visualisasi dan Interpretasi Data Analisis Medsos

Diunggah pada : 27 Juli 2023 10:02:54 100
Peserta pelatihan Government Transformation Academy Digital Talent Scholarship 2023 belajar memvisualisasikan dan mengintepretasikan data hasil analisis media sosial dalam bentuk laporan, di kantor Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Kamis (27/7/2023).

Jatim Newsroom – Hari keempat pelatihan Government Transformation Academy Digital Talent Scholarship tahun 2023 untuk kelas analisis media sosial, fokus membahas penyusunan laporan hasil analisis media sosial. Pada sesi ini, peserta belajar memvisualisasikan dan menginterpretasikan data hasil analisis media sosial dalam bentuk laporan. 

“Setelah mengikuti sesi ini, peserta diharapkan mampu membuat visualisasi data hasil analisis, menyusun rancangan laporan, hingga menyusun laporan. Jadi bisa mengidentifikasi apa yang berhasil dan area mana yang perlu ditingkatkan. Laporan seperti ini sudah semakin banyak dibutuhkan baik di instansi pemerintah maupun swasta,” ujar Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr. Soetomo (FEB Unitomo), Meithiana Indrasari Yunus. 

Meithiana pun memaparkan secara detail cara membuat visualisasi data analisis media sosial dari berbagai platform, mulai dari facebook, instagram, twitter, youtube, dan tiktok. 

“Dalam melakukan analisis media sosial dapat dilihat dari performa akun media sosial, isu tertentu, dan performa konten atau kampanye pada media sosial,” kata Meithiana di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Kamis (27/7/2023). 

Setelah sesi pemaparan berakhir, peserta pun mengerjakan tugas penyusunan laporan hasil analisis media sosial dari masing-masing topik yang dipilih. 

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan ini digelar Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya. Sebanyak 32 pegawai pemerintah menjalani pelatihan selama 5 (lima) hari, Senin-Jumat, 24-28 Juli 2023 tentang analisis media sosial ini. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #analisis media sosial