Jumat, 20 September 2024

224 Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPT BLK Surabaya

Diunggah pada : 8 November 2023 13:18:37 98
kata Kepala UPT BLK Surabaya Sunarya, Rabu (8/11/2023).

Jatim Newsroom - Sebanyak 224 peserta mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi di Unit Pelaksana Tekni (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya. Terdapat 14 paket pelatihan yang dibuka, yaitu Publik Speaking, Teknisi Instalasi Tenang, Praktical Office Advance, Junior Sekretaris, Teknisi sepeda motor injeksi, Operator Forklif, Las FCAW3G untuk CPMI, Penggambaran 3D dengan sistem CAD, Pembuatan Produk Roti dan Pattisiserie, Pengoperasian Mesin CNC Miling, HMI Berbasis PLC, PLTS of Grid, Digital Marketing, Teknisi Audio Video.   

"Masing-masing setiap paket kejuruan sebanyak 16 orang, sehingga jumlah siswa yang mengikuti pelatihan keseluruhan sebanyak 224 orang dan masing-masing kejuruan di wakili 8 orang, dan pelatihan sudah dimulai beberapa hari yang lalui sambil menunggu PAPBD disahkan," ujar Kepala UPT BLK Surabaya, Sunarya, di kantornya, Rabu (8/11/2023).

Sunarya menjelaskan, pelatihan berbasis kompetensi adalah pelatihan kerja yang menitik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan standar yang di tetapkan dan persyaratan di tempat kerja.

Pelatihan ini juga untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktifitas dan etos kerja para pencari kerja sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan, memberikan pengetahuna, ketrampilan dan sikap disiplin bagi pencari kerja sesuai dengan standart yang di tetapkan dan persyaratan di tempat kerja dan dapat meingkatkan dieri baik kognitif ketrampilan dan afektifnya.

Sasarannya dalam pelatihan berbasisi kompetensi ini adalah masyarakat pencari kerja, penganggur dan setengah penganggur

Metode pelatiahan yaitu klasikal dan tutorial secara materi dan klasikal dan tutorail secara praktek, penilaian peserta terdiri dari 3 aspek yaitu sikap perilaku, pengetahuan teori dan kemampuan praktik. (her/s)

#Disnakertrans Jatim