Jumat, 20 September 2024

155 PPK Dilantik, Ketua KPU Kota Surabaya Ingatkan Agar Laksanakan Tugas dengan Baik

Diunggah pada : 16 Mei 2024 19:29:43 222
Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi, Kamis (16/5/2024). Foto : istimewa

Jatim Newsroom – Sejumlah 155 orang telah dilantik menjadi anggota Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK) Kota Surabaya untuk mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, di Surabaya, Kamis (16/5/2024). Pada momen itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Nur Syamsi berpesan agar melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. 

“Saya berpesan kepada para anggota yang telah dilantik ini supaya melakukan tanggung jawab dan kewenangan sesuai tugas PPK dalam mengabdi kepada negara, dan wajib mematuhi pakta integritas yang telah dibaca bersama-sama selama proses pelantikan tadi,” tutur Nur Syamsi. 

Nur Syamsi pun mengungkapkan, anggaran KPU Kota Surabaya bersumber dari APBD dan berdasarkan ketentuan daerah masing-masing anggaran yang diajukan ke Pemkot Kota Surabaya. “Untuk Pilkada ini anggarannya sama persis dengan pengaturan yang ada di Keputusan Kementerian Keuangan,” ungkapnya. 

Terkait ansitipasi apabila nantinya PPK ada yang meninggal atau jatuh sakit, Nur Syamsi mengatakan, KPU Kota Surabaya sedang melakukan koordinasi atas hal itu. “Mengenai itu saat ini sedang kami koordinasikan,” ujar Nur Syamsi. 

Setelah pelantikan PPK ini, Nur Syamsi mengatakan, para anggota mengikuti Bimtek terkait tugas kewajiban dan wewenang PPK pada Pilkada 2024. “Setelah Bimtek kami akan melakukan Pemutakhiran Data Pemilu karena DP4 kan sudah diserahkan dari Kemendagri ke KPU dan dari KPU tidak akan lama lagi akan turun ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga tahapan terdekat adalah rekrutmen PPS, kemudian PPK dan PPS koordinasi untuk melakukan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemiliu,” pungkasnya. (vin/s) 

#kota Surabaya #pilkada 2024 #KPU Kota Surabaya #PPK #Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan

Berita Terkait

Dihadiri Stakeholder Pemilu dan Bacalon
KPU Jatim Matangkan Tahapan Kampanye Pil...
11 September 2024
thumb
Tidak Ada Pendaftar di Masa Perpanjangan.
KPU ; Lima Daerah di Jatim Lawan Kotak K...
6 September 2024
thumb