Jumat, 29 Maret 2024

Sebanyak 21 Mahasiswa Tuban dapat Beasiswa dari Pertamina

Diunggah pada : 29 Juli 2019 22:04:59 24

Jatim Newsroom - Pertamina memberikan beasiswa kepada 21 mahasiswa Tuban untuk kuliah gratis di Program Diploma III di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, di Blora, Jawa Tengah. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi asal Tuban, terutama yang tinggal di ring satu proyek pembangunan Kilang Tuban.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam siaran persnya, Senin (29/7) menyatakan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di Tuban merupakan komitmen Pertamina dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sehingga bisa mendukung proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

“Pembangunan Kilang Tuban merupakan salah satu dari 6 proyek besar Pertamina dalam rangka mewujudkan swasembada dan kemandirian energi nasional. Proyek ini akan memberikan dampak besar bagi regional, terutama masyarakat Tuban. Karena itu, sejak dini kita siapkan SDM berkualitas sehingga nantinya bisa berperan dalam operasional Kilang Tuban,” ujar Fajriyah.

Semua biaya pendidikan, lanjut Fajriyah, ditanggung penuh oleh Pertamina melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporation Social Responsibility (CSR). Setiap mahasiswa, mendapatkan beasiswa selama 6 semester atau hingga lulus kuliah.

“Pemberian beasiswa dilakukan melalui proses seleksi terbuka dan bisa diikuti oleh seluruh pelajar Tuban, terutama di sekitar wilayah kilang,” imbuh Fajriyah.

Menurut Fajriyah, seleksi awal dari program beasiswa itu diterima 51 siswa. Selanjutnya, mereka mendapatkan bimbingan belajar untuk menghadapi seleksi di PEM Akamigas Cepu. Hasil seleksi dari 51 siswa tersebut, yang bisa diterima di PEM Akamigas Cepu sebanyak 21 mahasiswa. 

Para mahasiswa yang lolos seleksi tersebut, berasal dari desa-desa yang berbatasan dengan  lokasi proyek GRR Tuban.

Fajriyah juga berpesan kepada para mahasiswa yang lolos seleksi, agar serius belajar dan menunjukkan prestasi yang membanggakan. Fajriyah juga berharap dukungan dari para orang tua, agar anak-anaknya bisa menuntaskan kuliah hingga diwisuda.

“Pertamina akan terus berkomitmen meningkatkan SDM di wilayah operasi, baik melalui pemberian beasiswa maupun program CSR lainnya. Harapannya Pertamina dan masyarakat Tuban, bisa sama-sama maju menuju Indonesia yang mandiri energi,”  pungkas Fajriyah. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait