Minggu, 2 Oktober 2022

Pertama di Jawa Timur, Telkom Dirikan Institut Teknologi Telkom Surabaya

Diunggah pada : 29 Januari 2018 15:10:45 55
thumb

Jatim Newsroom– Untuk pertama kalinya, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) mendirikan Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Surabaya. ITTelkom Surabaya berlokasi di Jalan Gayungan PTT No.17-19 Surabaya dan menjadi perguruan tinggi swasta milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (PT Telkom) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara.

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Dwi S. Purnomo dalam sosialisasi pendirian Institut Teknologi Telkom Surabaya (29/1) mengatakan, dipilihnya Surabaya sebagai lokasi pengembangan lembaga pendidikan tinggi YPT, dikarenakan Surabaya merupakan salah satu pusat pendidikan. Selain itu Surabaya juga merupakan pusat ekonomi dan pengembangan industri maritim, logistik, dan transportasi untuk kawasan Timur Indonesia,” tuturnya.     

Purnomo berharap, kehadiran ITTelkom Surabaya dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pengembangan pendidikan tinggi di wilayah Jawa Timur khususnya, dan umumnya di Indonesia. 

“Saya harap ITTelkom Surabaya akan memberi warna baru di dunia pendidikan tinggi di Indonesia, dan memberikan kontribusi nyata untuk menghasilkan generasi unggul. Selain itu juga menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang menginginkan pendidikan tinggi berkualitas terbaik,” ujarnya.

Komitmen PT Telkom dalam mencerdaskan bangsa antara lain diwujudkan dalam program Telkom University National Campus (TUNC), dimana YPT mengembangkan lembaga pendidikan tinggi di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini di bawah naungan YPT telah diselenggarakan tiga perguruan tinggi, yaitu Telkom University di Bandung, ITTelkom Purwokerto dan Akatel Jakarta.

Purnomo menambahkan, dalam penyelenggaraanya, ITTelkom memiliki kekhasan keilmuan untuk mendukung tiga sektor pembangunan utama, yaitu transportasi, logistik, dan maritim. ITTelkom Surabaya akan membuka 7 Program Studi (Prodi), yaitu Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Prodi S1 Teknik Elektro, Prodi S1 Teknik Komputer, Prodi S1 Teknik Industri, Prodi S1 Sistem Informasi, Prodi S1 Teknologi Informasi, dan Prodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak.      

“ITTelkom Surabaya diharapkan mampu menghasilkan karya-karya Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan – Penelitian – Pengabdian kepada Masyarakat) yang bermutu, memperluas kesempatan akses belajar di perguruan tinggi bagi masyarakat, serta berkontribusi meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia,” ungkap Ketua YPT. (ren)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait