Sabtu, 20 April 2024

Inilah Peraih Penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018

Diunggah pada : 24 Oktober 2018 10:19:42 71

Jatim Newsroom - Malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 telah digelar, Selasa (23/10) malam, di Mercure Hotel Surabaya. Pemenang kategori Daya Tarik Wisata Alam, Daya Tarik Wisata Budaya, dan Daya Tarik Wisata Buatan serta telah diumumkan dan berikut pemenangnya.

Daya Tarik Wisata Alam:

1. Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang

2. Wisata Gunung Kelud Kabupaten Kediri

3. Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun

Daya Tarik Wisata Budaya:

1. Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi Kabupaten Tuban

2. Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong Kabupaten Sumenep

3. Desa Wisata Bumiaji Kota Batu

Daya Tarik Wisata Buatan:

1. Kampung Coklat Kabupaten Blitar

2. Atlantis Land Surabaya.

3. Wisata Edukasi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Kabupaten Jember

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur, Sinarto mengucapkan selamat kepada para pemenang. Sekda berharap penghargaan ini dapat memberi semangat untuk terus mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayahnya. “Sementara bagi kabupaten/kota serta pengelola objek wisata yang belum mendapatlan penghargaan, bisa lebih semangat lagi,” harapnya.

Pergerakan wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 17 juta orang. Dari jumlah itu 690.000 wisatawan masuk ke Jawa Timur. Jumlah ini menurut Sinarto akan terus ditambah dengan koordinasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. “Kami minta komitmen semua pihak yang ada disektor wisata untuk bisa mengembangkan daerahnya,” tuturnya.

Anugerah wisata ini, menurut Sinarto merupakan salah satu cara untuk merangsang pengelola objek wisata berkreasi dan berinovasi untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerahnya.      

Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, juga memberikan penghargaan pada pemerintah kabupaten atas komitmen dan kepeduliannya terhadap sektor wisata di daerahnya yakni Kabupaten Ponorogo, Situbondo, Bojonegoro, Jombang, dan Pasuruan. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait