Jumat, 20 Mei 2022

Inilah Kisah Sejarah Peringatan Hari Armada RI

Diunggah pada : 5 Desember 2017 17:11:17 22

Jatim Newsroom –Tahun ini, TNI AL merayakan peringatan Hari Armada RI ke-72 tahun. Sejarah panjang puluhan tahun pun tercipta sejak awal perang kemerdekaan hingga kini TNI AL terus membangun kekuatan pertahanan laut. Secara singkat, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi menjelaskan awal mula terbentuknya TNI AL hingga kini menjadikan momen 5 Desember sebagai Hari Armada.

Sejarah Hari Armada dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Saat itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana.  Dalam masa penugasan mempertahankan kemerdekaan Armada Rl telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut.

Ia menyontohkan keberhasilan Armada RI dalam misi penerobosan blokade laut Belanda. Selain itu ekspedisi lintas laut juga sukses dilakukan dalam rangka pengiriman pejuang kemerdekaan untuk mengobarkan semangat perjuangan di berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain. Dengan kekuatan yang ada ini, Armada Rl telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta. Selanjutnya kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan tanggal 5 Desember 1959.

Saat ini, berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor : Kep. 171 / III / 1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada tanggal 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

Dalam peringatan Hari Armada, Kasal juga menegaskan tema peringatan, yakni Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara. Menyikapi tema itu, ia menekankan kebijakan pembangunan kekuatan TNI AL ke depan akan diarahkan pada peningkatan kualitas alutsista serta kemampuan SDM. (afr)