Kamis, 28 Maret 2024

BKKBN Gelar Workshop Parenting 1001 Cara Bicara

Diunggah pada : 23 April 2021 9:13:47 430

Jatim Newsroom - Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak membuka “Workshop Parenting 1001 Cara Bicara” tingkat Provinsi Jawa Timur 2021 yang diselenggarakan Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur di Grand Daffam Surabaya, Kamis (22/4/2021).
 
Workshop digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelola dan pelaksana Proyek Prioritas Nasional Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja Tahun 2021.
 
Arumi mengatakan, pentingnya pemberian edukasi terkait reproduksi dan pola komunikasi orang tua dengan anak remaja. Mengingat, pola tersebut akan menjadi salah satu alternatif yang sangat penting dalam membentuk dan membangun hubungan antara orang tua dengan anak remaja.
 
“Pola komunikasi efektif antara anak yang berusia remaja dan orang tua harus terjalin, selama ini program yang telah dilakukan sudah tepat yaitu pendekatan melalui orang tua yang memiliki remaja dan juga melalui remajanya. Khusus bagi remaja bisa memaksimalkan teman sebaya nya, sedangkan pendekatan melalui keluarga atau orangtua bagi remaja dapat menjadi salah satu alternatif mewujudkan pola komunikasi secara efektif, mengingat orangtua memiliki otoritas bagi anak remaja “ jelas Arumi.
 
Di zaman yang serba digital, para orang tua memiliki tantangan dari dunia maya. Meskipun sulit, pendampingan orang tua pada anak remaja harus tetap terjalin. Hal itu juga untuk mencegah gagalnya orang tua mendampingi anak remaja.
“Gaya komunikasi harus diatur sesuai perkembangannya, harus di sesuaikan.Saat ini media sosial terus berkembang, lebih susah mengendalikan karena secara fisik anaknya tidak keluar tetapi melalui media sosial mereka sudah kemana mana kita tidak tahu informasi apa yang di dapat dari media sosial tersebut, untuk itu orang tua harus memiliki cara untuk mengawasi mereka. Akan sangat susah kalau kita membatasi anak remaja untuk berselancar di media sosial di masa sekarang. Untuk itu kita harus memberikan ilmu agar mampu memilah informasi dari media sosial dengan baik,” urainya.
 
Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., mengatakan, generasi remaja sekarang merupakan generasi yang sangat kritis, bebas dan mandiri.
 
"Jaman saya kalau pendekatan masih seputar temen-temen di sekolah saja, kalau dapat jodoh ya karena CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) generasi sekarang sudah berbeda mereka memaksimalkan medsos untuk melakukan pendekatan. Dalam mencari informasi juga sudah berbeda, generasi ini sudah mulai kritis dalam bertanya kepada keluarga termasuk terkait kesehatan reproduksi. Dan ini kadang mengganggu para orang tua yang berbeda generasi, ini harus dicarikan cara komunikasi yang tepat," ujar Sukaryo Teguh.
 
Tentunya, lanjut Sukaryo Teguh,  pembentukan karakter remaja juga bergantung pada pola asuh orang tua mereka. Kalau orang tua menganut pola permisif, maka anak akan diberikan kebebasan sehingga tidak terkendali. Namun, secara teori idealnya pola pengasuhan authoritatif ini yang ideal. Dengan memberikan kebebasan tapi juga tetap ada batasan. Sehingga anak-anak tidak keluar dari koridornya.
 
Menurut data BPS Jatim, sebanyak 71,65 persen penduduk Jatim masih berada di usia produktif (15-64 tahun). Sehingga posisi Jatim masih dalam masa bonus demografi. Oleh karena itu, menurut Teguh, salah satu hal yang paling penting adalah kemampuan orang tua untuk mendengar aktif.
 
“Salah satu kegagalan orang tua dalam berkomunikasi pada keluarganya secara teori adalah kemampuan mendengar yang kurang. Oleh karena itu mendengar bukan hal mudah mendengar adalah belajar, orang tua harus bisa belajar mendengarkan. Orang tua kadang memiliki kemampuan mendengar dengan baik, tetapi bukan baik saja yang diharapkan disini mendengar secara aktif,” papar Pak Teguh.
 
Koordinator KSPK, Dra. Suhartuti, M.M., menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari Kerjasama BKKBN Bersama John Hopkins Center For Communication Programs (JHCCP) sebagai bagian dari upaya panjang BKKBN untuk meningkatkan kedekatan orang tua dan anak remaja.
 
"Harapannya dari kegiatan ini tidak selesai sampai disini. Ada tindak lanjut di lapangan langsung. Fasilitator membina BKR (Bina Keluarga Remaja). BKR membina keluarga nantinya pola-pola yang sudah dipelajari hari ini bisa sampai ke keluarga yang memiliki anak remaja maupun remaja itu sendiri," katanya.
 
Acara ini dilakukan dalam 3 tahap di 3 tempat. Pertama pada 19-21 April 2021 di Jember. Kedua, 22-24 April 2021 di Surabaya, serta ketiga 26-28 April 2021 di Madiun dengan peserta sebanyak 130 orang dari seluruh Kab/Kota se Jatim.(her/n)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait