Rabu, 6 Juli 2022

KETUA DAN WAKIL KETUA DPRD JATIM 2014 - 2019 RESMI DILANTIK

Diunggah pada : 2 Oktober 2014 20:41:10 12
thumb

Ketua dan Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur periode 2014 – 2019 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur, Soemarno SH di ruang rapat Paripurna DPRD Jatim, Kamis (2/10) sore.
Dimana proses pelantikan ketua dan wakil ketua DPRD Jatim periode 2014 – 2019 berdasarkan surat dan keputusan menteri dalam Negeri (mendagri) no 161.35/ 3800/2014 tentang pengukuhan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur periode 2014-2019.
Adapun pimpinan yang dilantik yaitu dari Abdul Halim Iskandar sebagai ketua yang mewakili PKB. Untuk posisi Wakil Ketua masing-masing adalah Kusnadi dari PDI Perjuangan, Tjutjuk Sunario dari Fraksi Gerindra, Achmad Iskandar dari Fraksi Partai Demokrat, serta Soenarjo dari fraksi Partai Golkar.
Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar usai pelantikan mengatakan setelah pelantikan ini pihaknya akan melakukan penyusunan APBD Jawa Timur tahun 2015 bersama Pemprov Jatim. "Besok kita langsung gelar pembahasan alat kelengkapan lainnya mulai komisi dan beberapa badan, setelah itu proses pembahasan APBD akan kita lanjutkan," kata Gus halim sapaan akrabya abdul Halim Iskandar.
Dia optimistis, APBD Jawa Timur bisa ditetapkan pada bulan November. "Kita usahakan tangga 10 November bisa ditetapkan, kalau belum rampung ya prinsipnya November harus sudah selesai," ujar politisi asal fraksi PKB Jatim ini.
Wakil Ketua DPRD Jatim, Achmad Iskandar mengatakan pelantikan pimpinan DPRD Jawa Timur menjadi spirit bagi pimpinan dewan Jatim untuk menjadikan kinerja dan citra DPRD Jawa Timur menjadi lebih baik. “Karena itu kami sebagai pimpinan dewan Jatim akan selalu berusaha untuk menjadikan DPRD Jatim lebih baik,” tuturnya
Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur periode 2009 – 2014 ini menambahkan untuk pembahasan APBD Jawa Timur akan segera dilakukan. pembentukan alat kelengkapan dewan menjadi hambatan untuk membahas APBD Jatim. “Karena itu kami berharap dalam waktu dekat, alat kelengkapan dewan segera selesai dalam waktu dekat ini,” ujarnya
Apakah waktu satu bulan untuk membahas APBD Jatim, tidak terlalu singkat dan terkesan kejar tayang, ia mengatakan memang berdasarkan sebelum-sebelumnya, pengesahan APBD Jatim selalu tanggal 10 November. Karena itu, ia tetap menargetkan tanggal 10 November tetap bisa mengesahkan APBD Jatim tahun 2015. “Cukup lah waktu yang tersedia. Kan KUA – PPAS nya sudah selesai. Jadi bukan kejar tayang,” ujarnya.
Sementara itu, Soekarwo Gubernur Jawa Timur juga berharap proses penyusunan APBD tak molor karena jika berhasil selesai pada 10 november, maka pemerintah Jawa Timur masuk peringkat lima besar tercepat pembahasan APBD di Indonesia.
Jika target ini tercapai, maka Kementerian Keuangan biasanya akan memberikan reward berupa program yang khusus akan diberikan bagi Jawa Timur. “Kami optimistis pembahasan APBD selesai dan akan digedok pada 10 nopember 2015 mendatang,” ujarnya. (pca/int/mga)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait