Jumat, 20 September 2024

Warga Sekitar Positif DBD, PT Suparma Fogging Tiga RW di Karangpilang Surabaya

Diunggah pada : 29 Desember 2023 18:28:55 156

Jatim Newsroom- PT Suparma Tbk bergerak cepat melakukan fogging atau pengasapan di tiga RW di sekitarnya guna merespon permintaan masyarakat yang mendapati dua RW 1 Kelurahan Waru Gunung, Kecamatan Karangpilang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).    

General Manager Public Relation PT. Suparma, Tbk, Wahyu Kristiawan, Jumat (29/12/2023) mengatakan, Fogging ini bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk masyarakat sekitar, yang dilakukan dua kali dalam setahun. Selain itu, fogging juga menindaklanjuti surat edaran Walikota Surabaya Nomor 400.7.9.2/ 25511/ 436.7.2/ 2023 yang meminta kewaspadaan masyarakat karena transisi iklim mulai November hingga Desember 2023 bisa memperbesar risiko penyebaran kasus DBD. 

"Tentunya fogging ini juga merupakan tindaklanjut dalam menyikapi surat edaran Wali Kota Surabaya bahwa pada musim pancaroba ini sangat dimungkinkan kenaikan wabah demam berdarahnya meningkat. Sehingga, CSR kali ini, kita akan fokus untuk memutus mata rantai penyebaran jentik-jentik untuk menjadi nyamuk dengan pengasapan," ungkap Wahyu Kristiawan. 

Salah satu lokasi yang difogging yakni Banana Park di wilayah RW 1 yang lokasinya berdekatan dengan SDN Warugunung II, Kota Surabaya. Dikatakannya, pengasapan akan difokuskan ke semua saluran-saluran drainase yang ada di pemukiman warga sekitar perusahaan, baik di RW 1, RW 2, RW 3. "Dan ini positif buat kita, karena kita juga ingin warga sekitar perusahaan ini lingkungannya sehat lingkungannya bersih, masyarakatnya juga sehat, dan kita selalu support satu dengan lainnya," tambahnya. 

Ketua Pengurus Taman Edukasi Banana Park, Endang Susiani mengatakan, kegiatan fogging memang sangat ditunggu warga khususnya RW 1.  "Fogging ini memang permohonan dari warga, karena dalam bulan (Desember) ini ya sudah ada korban yang positif demam berdarah. Ada satu dewasa dan satu anak-anak dan mereka sudah masuk rumah sakit. Alhamdulillah masih bisa tertolong," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Endang, warga sangat sangat berharap adanya fogging dan akhirnya mengajukan permohonan ke PT Suparman Tbk. "Ya karena menunggu permohonan kita ke dinas ya tapi belum ada tindakan. Jadi ya untuk sebagai tindakan preventif untuk menghentikan penyebaran nyamuk-nyamuk demam berdarah, makanya kita mohon dulu kepada PT Suparma Tbk. Alhamdulillah bisa langsung direspon dan bisa dilaksanakan," katanya. (hjr)

#DBD #PT Suparma