Jumat, 20 September 2024

Wali Kota Mojokerto Ikuti Sosialisasi dan Asistensi Rb Tematik

Diunggah pada : 12 April 2023 11:28:19 43

Jatim Newsroom – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengikuti sosialisasi dan asistensi RB Tematik serta perubahan road map reformasi birokrasi 2020-2024 yang digelar oleh Kementerian PAN-RB di Gedung BPSDM Jawa Timur, Kecamatan Tandes Kota Surabaya, Selasa (11/4/2023).

Dalam arahannya, Menpan RB Azwar Anas menyampaikan,  selama ini RB yang ada kurang berdampak. Menurutnya, masih ada daerah yang RB-nya bagus tapi tingkat kemiskinannya tinggi.

"Berarti ini asyik di administrasi saja tetapi dampaknya kurang. Maka, arahan Presiden menegaskan kita berkali-kali dan meminta birokrasi berdampak. Kalau berdampak berarti kesibukan kita harus bisa diukur dampaknya apa," ujar Azwar Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Anas juga menyebutkan tiga arahan Presiden Jokowi tentang reformasi birokrasi. “Arahan itu diantaranya, pertama birokrasi yang berdampak dan dirasakan langsung masyarakat, kedua reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, serta  birokrasi yang lincah dan cepat,” sebutnya.

Anas juga menyampaikan, bahwa dalam birokrasi itu sangat perlu pemanfaatan teknologi. Karena menurutnya, kalau tidak memanfaatkan teknologi maka akan terus menambah SDM dan tidak ada solusi selain digitalisasi, namun, tidak selamanya digitalisasi dilakukan dengan menambah aplikasi.

"SPBE tidak harus menambah aplikasi dan bukan proyek tetapi menginteroperabilitaskan. Dan setiap inovasi tidak harus dengan aplikasi, karena ribuan aplikasi juga akan menyusahkan rakyat. Oleh karena itu, SPBE yang bagus juga akan berdampak pada investasi," kata Anas.

Dengan adanya sosialisasi dan asistensi ini, Anas berharap semoga bisa mendorong kinerja yang berdampak khususnya bagi kabupaten dan kota di Jawa Timur.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran kami ditempat ini nanti akan mendorong kinerja yang berdampak. Termasuk kemiskinan, mendorong investasi, digitalisasi pemerintahan, belanja produk dalam negeri dan untuk penanganan inflasi," harapnya.

Sebagai informasi, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang terpilih untuk pelaksanaan sosialisasi karena nilai rata-rata RB-nya relatif baik dibanding kabupaten/kota lain.

Mendampingi wali kota Mojokerto, turut hadir pula dalam agenda ini Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo serta Kabag Organisasi Rachmi Widjajati. (vin)

#Kota Mojokerto #Wali Kota Mojokerto