Jumat, 20 September 2024

Wali Kota Mojokerto Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023

Diunggah pada : 1 September 2023 11:33:45 24
Sumber foto : Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, mengikuti secara daring Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2023 yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Ruang Command Center Balai Kota Mojokerto, Kamis (31/8/2023).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kinerja Tim Pengendali Inflasi baik di tingkat pusat maupun daerah serta para gubernur, bupati maupun wali kota se-Indonesia.

"Terima kasih, kita tahu inflasi sangat terkendali di angka 3,08 persen di Juli 2023. Ini sebuah angka yang sangat baik sekali kita bisa mengendalikan harga barang dan jasa, jika dibandingkan dengan negara lain," tutur Jokowi.

Meski demikian, Presiden Jokowi tetap meminta seluruh daerah mengintegrasikan data stok. Selain itu, Jokowi mengimbau, agar neraca pangan daerah juga harus betul-betul dipegang, sehingga dalam pengambilan keputusan tetap berdasarkan pada data.

"Koordinasi antar daerah juga penting, mana yang kelebihan mana yang kurang, jangan mengedepankan ego antar daerah. Cek terus ketersediaan stok, harga-harga pangan, awasi terus sistem dan jalur distribusi, kalau ada jalan yang rusak segera perbaiki," Imbau Jokowi.

Presiden Jokowi, juga meminta daerah untuk meningkatkan cadangan pangan di wilayahnya, sehingga jika terjadi sesuatu dapat teratasi dengan cepat."Negara ini sangat besar, daerah itu harus bergerak terlebih dahulu jika ada masalah di daerah, harus ada cadangan pangan di daerah," ulasnya.

Diketahui, dalam kesempatan ini, juga dilakukan pemberian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award kepada daerah yang dinilai berhasil mengendalikan inflasi di daerahnya. (vin/s)

#inflasi #presiden jokowi #Kota Mojokerto #Wali Kota Mojokerto #Pemkot Mojokerto