Jumat, 20 September 2024

UPT PSBTPH Raih Juara Umum Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional

Diunggah pada : 2 Agustus 2024 21:14:40 115
Foto : Distan KP Jatim

Jatim Newsroom - Unit Pelayanan Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PSBTPH) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur (Distan KP Jatim) meraih juara umum dalam acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-IX di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Bandung, Jawa Barat, pada 26-30 Juli 2024. 

Melalui pers rilis Distan KP Jatim kepada Jatim Newsroom, Jumat (2/8/2024) disampaikan, acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ini merupakan sebuah pagelaran akbar tahunan yang diadakan oleh Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi setempat.

Acara gebyar ini berisi berbagai kegiatan menarik seperti pameran teknologi perbenihan, berbagai forum diskusi yang melibatkan para pemangku kepentingan terkait, kongres Ikatan Pengawas Benih Tanaman (IPBTI), donor darah, job fair, serta berbagai lomba bergengsi untuk Pengawas Benih Tanaman (PBT), ASN, produsen benih, dan masyarakat umum.

Keberangkatan kontingen UPT. PSBTPH Distan KP Jatim di acara gebyar ini menandai sebuah sejarah kejayaan baru yang akan terus berusaha dipertahankan pada tahun-tahun mendatang.

Pasalnya, diketahui hampir seluruh kejuaraan di berbagai lomba yang diikuti diborong habis oleh UPT. PSBTPH Distan KP Jatim. Pada babak final, Lomba Cerdas Cermat, PBT UPT. PSBTPH Dinas Pertanian dan KP Provinsi Jawa Timur telah membuktikan ketangguhannya sebagai Juara 1 dengan skor yang luar biasa jauh dari kompetitornya.

Pencapaian ini terus diikuti oleh kabar menggembirakan dari cabang perlombaan lainnya seperti Juara 1 Produsen Benih Insitu, Juara 1 Petani Inovator, Juara 1 dan 3 Display Produk kategori Produsen Benih, Juara 1 dan 3 Display Varietas, Juara 1 PBT’s Got Talent kategori Senam Kreasi, Juara 1 Lomba Video Konten, dan Juara 3 Display Produk kategori BPSB.

Menanggapi sebagai juara umum tersebut, Kepala Distan KP Jatim, Dydik Rudy Prasetya menyampaikan apresiasinya dalam penghargaan juara.

“Alhamdulillah berkat ridho Allah SWT, kerja keras dan doa tim UPT. PSBTPH Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur yang luar biasa kita dapat meraih juara umum pada acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke-IX tahun 2024. Semoga kejuaraan kita ini adalah berkah Allah SWT atas ikhtiar kita. InsyaAllah dengan kejuaraan ini kami semakin termotivasi untuk selalu meningkatkan kompetensi dan siap menghadapi kompetisi-kompetisi pada event Gebyar Perbenihan selanjutnya dan kompetisi-kompetisi yang lain," tutur Dydik.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia, Sudaryono mengungkapkan, kegiatan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-IX 2024 ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan produksi benih berkualitas untuk mendukung ketahanan pangan nasional. 

"Tujuannya adalah bagaimana hasil dari panenan kita cukup untuk memberi pangan bagi rakyat Indonesia. Pertanian ini menyangkut keberlangsungan hidup kita, kedaulatan rakyat dan bangsa kita. Karena apa? Karena dengan pertanian inilah yang menyediakan pangan bagi kita," ungkap Sudaryono. 

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi melaporkan, Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas benih tanaman pangan di Indonesia dan menjadi ajang pertukaran informasi, teknologi, dan inovasi di bidang perbenihan tanaman pangan serta memperkuat kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan pelaku industri perbenihan. 

"Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan varietas-varietas unggul baru, menarik minat petani untuk mengganti varietas, dan sebagai platform berbagi informasi serta transfer teknologi perbenihan guna memajukan pertanian di Republik Indonesia," pungkas Suwandi. (vin/s)

#Distan KP Jatim #UPT PSBTPH