Kamis, 19 September 2024

Tingkatkan Kinerja ASN, Banyuwangi Gelar Capacity Building

Diunggah pada : 10 September 2024 9:54:54 20

Jatim Newsroom – Mengakselerasi peningkatan kinerja aparatnya, Pemkab Banyuwangi menggelar kelas capacity building. Kegiatan yang diikuti 150 ASN eselon IV ini digelar di Grand Harvest Hotel, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan dibuka oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Selasa (10/9/2024), Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran vital dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Kualitas ASN, menurut Ipuk, akan sangat menentukan keberhasilan pembangunan dan program-program daerah. 

“Maka pelatihan capacity building semacam ini sangat diperlukan oleh ASN untuk meningkatkan semangat dan mengupgrade kapasitasnya. Sehingga ke depan para ASN mampu memberikan pelayanan yang semakin prima dan berkualitas kepada masyarakat,” ujar Ipuk. 

 

Para peserta tersebut terdiri atas ASN jabatan pengawas, fungsional penyetaraan, para lurah, kepala puskesmas, serta kepala satuan koordinasi wilayah pendidikan (satkorwildik) se-Banyuwangi.  

“Manfaatkan pelatihan ini untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Apa yang Bapak-Ibu dapatkan, harapannya nantinya bisa diterapkan dalam tugas sehari-hari,” pesan Ipuk. 

 

Ipuk berpesan agar ASN Banyuwangi terus berinovasi.

“Teruslah berinovasi, cari solusi kreatif untuk masalah yang dihadapi masyarakat. Kembangkan pula program-program inovatif untuk mencapai kinerja yang optimal,” pesan Ipuk. 

 

Ipuk juga menekankan kembali pentingnya kerja tim. 

“Sinergi yang baik akan mempercepat pencapaian tujuan pembangunan. Ayo kita kuatkan kolaborasi, bangun kerjasama yang baik dengan sesama ASN,” imbaunya. 

 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, menambahkan,  peserta mendapatkan materi motivasi dari narasumber Dadang Kadarusman, yang merupakan tim dari Rumah Perubahan besutan Prof. Rhenald Kasali. 

 

Selain itu, mereka juga akan mengkuti kegiatan yang dirancang untuk penguatan kerja tim. “Setelah kegiatan ini harapannya ASN dapat bekerja lebih solid untuk peningkatan kinerja organisasi, serta semakin loyal kepada pimpinannya,” ujarnya. (van/hjr)

 

#Banyuwangi #Ipuk Fiestiandani #Capacity Building