Kamis, 19 September 2024

Tingkatkan Kapasitas Organisasi, PMI Kabupaten Nganjuk Gelar Penilaian BOCA

Diunggah pada : 30 Mei 2022 16:36:02 163
Serah Terima hasil BOCA dari Fasilitator BOCA PMI Provinsi Jawa Timur kepada PMI Kabupaten Nganjuk, Toto Nuswantoro, Wakil Ketua PMI Kab. Nganjuk

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan kapasitas Organisasi, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk dalam melaksanakan kegiatan Penilaian Kapasitas Organisasi atau “Branch Organizational Capassity Assesment (BOCA)” yang dilakukan oleh PMI Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 28 s/d 30 Mei 2022, bertempat di Aula Markas PMI Kabupaten Nganjuk. 

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari  Lishandoyo, selaku Ketua PMI Kabupaten Nganjuk yang  menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh seluruh peserta dan kepada Fasilitator BOCA PMI Provinsi Jawa Timur yang telah menyempatkan waktu tenaga dan fikirannya agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Kegiatan penilaian kapasitas Organisasi ini sangat penting sekali untuk dilaksanakan di PMI Kabupaten Nganjuk, mengingat Kepengurusan PMI Kabupaten Nganjuk masih termasuk baru, sehingga diperlukan adanya evaluasi Organisasi untuk mengetahui kelemahan/kekurangan apa yang ada di PMI Kabupaten Nganjuk, agar bisa kita perbaiki bersama, dan apa yang menjadi kelebihan/kekuatan kita, untuk kita tingkatkan kembali, agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” pungkasnya, (30/05/22).

Hal senada juga disampaikan oleh Hamidan Noor Firdaus, selaku Fasilitator BOCA PMI Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya bahwa kegiatan BOCA ini bukan merupakan ajang untuk mencari kesalahan-kesalahan. Tetapi sebagai ajang evaluasi secara mandiri untuk meningkatkan kapasitas PMI Kabupaten Nganjuk, yang sesuai dengan Manajemen Organisasi, sehingga VISI dan MISI Palang Merah Indonesia dapat terwujud.

“Diharapkan seluruh rangkaian kegiatan BOCA ini dapat berjalan dengan lancar, mulai dari menilai Kapasitas dan Kinerja PMI Kabupaten Nganjuk, menilai kekuatan dan kelemahan PMI Kabupaten Nganjuk, dan menyepakati prioritas-prioritas pengembangan di PMI Kabupaten Nganjuk,” ujarnya.

Sementara itu pentingnya memberikan pelayanan kepada masyarakat juga disampaikan oleh Toto Nuswantoro, selaku Wakil Ketua PMI Kabupaten Nganjuk dan selaku Ketua Pelaksana BOCA PMI Kabupaten Nganjuk, dalam penutupannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Fasilitator BOCA PMI Provinsi Jawa Timur, yang telah membimbing dan memfasilitasi kami, sehingga kegiatan BOCA ini dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga setelah kegiatan ini PMI Kabupaten Nganjuk lebih meningkatkan peranannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, melalui prioritas-prioritas pengembangan yang akan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Nganjuk,”  lanjutnya.

Acara diakhiri dengan serah terima rekomendasi-rekomendasi pengembangan Organisasi dan hasil pelaksanaan BOCA dari Fasilitator BOCA PMI Provinsi Jawa Timur kepada PMI Kabupaten Nganjuk, yang selanjutnya untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Nganjuk, guna meningkatkan kapasitas Organisasi. (aud)

#pmi