Jumat, 20 September 2024

Tim Penilai Lapang Lomba Desa dan Kelurahan Jatim Datangi Kota Mojokerto

Diunggah pada : 12 Juni 2024 21:12:37 56
Tim Penilai Lapang Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 meninjau Kelurahan Surodinawan, Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Tim Penilai Lapang Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Timur Tahun  2024 meninjau Kelurahan Surodinawan, Kota Mojokerto.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto Rabu (12/6/2024), dalam lomba ini Kelurahan Surodinawan dinyatakan menjadi 3 terbaik di antara kota-kota se-Jawa Timur setelah penilaian administrasi dan wawancara.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro bersama Pj. Ketua PKK Kota Mojokerto, Nia Wayanti Ali Kuncoro menyambut secara langsung kedatangan tim penilai yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur sekaligus Ketua Tim Budi Sarwoto di Pendopo Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk 50 Kota Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, Sarwoto menyampaikan lomba kelurahan dilaksanakan bersamaan dengan lomba pelaksana terbaik 10 Program PKK kelurahan atau desa yang baik itu pasti didukung oleh PKK yang kuat.

“TP PKK dan kelurahan itu saling melengkapi, tidak mungkin desa itu bisa maju apabila PKK desanya tidak mendukung,” terang Sarwoto.

Sarwoto juga menambahkan bahwa Kelurahan Surodinawan masuk menjadi 3 besar kelurahan terbaik tentunya setelah penilaian dari tim secara objektif.

“Tim juri telah menilai secara objektif, bukan karena Mas Pj selaku wali kota adalah kepala OPD di provinsi, 3 nominasi yang sudah kita tunjuk telah dipilih secara objektif oleh tim juri dan betul-betul layak untuk menjadi 3 besar,” tegasnya.

Dalam Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 terdapat 3 bidang yang menjadi penilaian yaitu bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Dalam bidang pemerintahan, Kelurahan Surodinawan memiliki inovasi pelayanan Suket Plano Reborn (Surat Keterangan Pelayanan Online) dan inovasi Suromed Center (Surodinawan Media Center).

Sedangkan dalam Bidang Kewilayahan terdapat inovasi Asman Toga (Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga) dan dalam Bidang Kemasyarakatan ada inovasi Tiger Banting Siburuk (Tim Gerak Cepat Berantas Stunting dan Gizi Buruk).

Selain itu juga juga terdapat inovasi yang merupakan hasil kolaborasi dengan TP PKK Kelurahan Surodinawan diantaranya Lumbung Bersahabat (Lumbung pengumpulan Bantuan masyarakat untuk warga yang membutuhkan), Jumat Beranting (Jumat Berkah Atasi Stunting) dan Kelir Cantik’s (Kelas Ibu Hamil, Remaja dan Calon Pengantin). (idc/hjr)

#Lomba Desa #Kota Mojokerto