Jumat, 20 September 2024

Tim Basket Putri Jatim Melaju Ke Final

Diunggah pada : 8 September 2024 17:32:15 133
Pertandingan tim basket putri Jatim vs Jateng. Foto: Wahyu JNR

Jatim Newsroom - Tim basket putri Jawa Timur memastikan diri melaju ke final Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.(8/9/2024).

Kepastian ini setelah Jatim menundukkan tim basket Jawa Tengah (Jateng) pada semi final dengan skor 56-47. Selanjutnya, tim bola basket putri Jatim akan bertemu dengan Jakarta. Tim Jakarta sendiri, telah melangkah ke final usai mengatasi perlawanan Jawa Barat dengan skor 66-58.

Pada permainan antara Jatim dan Jateng, pebasket Amelia Ryan Ayu Ardhany dan Erlita Christiana menjadi penyumbang poin terbanyak untuk Jatim usai sama-sama mencetak 12 poin.

Di babak pertama, Jatim langsung mencoba mengambil dominasi permainan semenjak interval pertama. Melissa Erika Saleh melepaskan lay up dan membawa Jatim unggul sembilan poin 11-2.

Lalu Evelyn Fiyo terus membuat Jatim tetap bisa menjaga keunggulan usai memberikan tiga angkanya dan mengubah skor menjadi 20-10. Jatim lalu menutup babak pertama dengan keunggulan 25-15.

Pada babak berikutnya, pertandingan berjalan cukup ketat dan kedua tim saling fokus pada skema bertahan. Berjalannya waktu, tim Jateng mampu memperkecil kedudukan dengan mencatatkan sembilan poin sehingga skor menjadi 24-30.

Memasuki babak ketiga, serangan kerap dipatahkan oleh Jateng  sehingga membuat Jatim kesulitan mengambil alih permainan. Namun tidak menyangka, di penghujung babak, kesalahan demi kesalahan dilakukan Jateng sehingga memberi peluang Jatim. Christina Michelle mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk membawa Jatim unggul 40-36.

Jatim bermain lebih rileks di awal kuarter keempat dengan terus menggempur pertahanan Jateng melalui skema tembakan jump shot dua poin.

Jatim pun sempat unggul 47-38 di pertengahan kuarter keempat. Keunggulan sembilan poin mampu tetap dijaga oleh Amelia Ryan dan kawan-kawan yang menutup pertandingan dengan kemenangan 56-47.(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024