Jumat, 20 September 2024

Tiga Bekal Ini Perlu Disiapkan Hadapi Era Disrupsi

Diunggah pada : 30 Mei 2022 13:55:45 136
Sumber Foto: Info Publik - Wisuda MTsN 3 Jombang, Jawa Timur, Minggu (29/5/2022)

Jatim Newsroom – Kompetensi (skill), penguasaan bahasa asing, dan jaringan (networking) yang kuat merupakan bekal yang harus disiapkan sedini mungkin untuk menghadapi era disrupsi. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyampaikan hal tersebut kepada siswa MTsN 3 Jombang, Jawa Timur, Minggu (29/5/2022).

Menaker memaparkan, bekal skill sangat dibutuhkan karena di era disrupsi, banyak jenis pekerjaan yang hilang, namun pada saat yang sama banyak jenis pekerjaan baru bermunculan.

"Siapa yang memiliki skill dan penguasaan teknologi dan komunikasi, dia akan dapat menangkap peluang baru. Jadi, apa yang hari ini relevan, beberapa tahun ke depan bisa tidak relevan. Maka, belajarlah tentang banyak hal, dan tingkatkan terus kompetensi diri," ucapnya seperti diberitakan infopublik.id. 

Mengenai bahasa asing, Ida menjelaskan pentingnya 3 (tiga) bahasa yaitu bahasa Inggris, Arab, dan Mandarin. Bahasa Inggris untuk pergaulan global. Bahasa Arab untuk pergaulan dan penguatan literatur agama. Sementara bahasa Mandarin karena ke depan China menjadi salah satu kekuatan yang makin dominan, terutama dalam hal ekonomi global.

"Kenapa bahasa asing penting? Karena dengan menguasai bahasa asing, kita bisa belajar lebih banyak hal tentang perkembangan mutakhir global. Kuasailah satu atau beberapa bahasa asing. Itu akan menjadi salah satu penunjang kesuksesanmu" tegas Menaker Ida. 

Ketiga, memperluas pergaulan. “Dengan memperluas pergaulan, kita akan memiliki networking atau jaringan pertemanan yang kuat,” pungkasnya. (idc/s)

#Ketenagakerjaan #kompetensi #bahasa asing #networking #era disrupsi