Jumat, 20 September 2024

Tampil Baru, Stadion H. Dimurthala Siap Jadi Venue PON XXI Aceh-Sumut

Diunggah pada : 29 Agustus 2024 7:33:28 217

Jatim Newsroom-  Stadion H. Dimurthala, di Lampineung, Banda Aceh siap menjadi salah satu venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Stadion kebanggaan Persiraja Banda Aceh itu telah selesai direnovasi dan tampil beda dengan perlengkapan serbabaru, jauh berbeda dari aslinya yang terkesan kumuh.

Empat tiang penyangga lampu yang terpampang memberi pencahayaan yang terang. Masing-masing tiap menempel delapan lampu. Pun ruang ganti pemain serta toilet dan lainnya diubah menjadi kinclong. Rumputnya didatangkan dari Jepang. Kursinya dibuat single seat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh mengeluarkan anggaran sekitar Rp70 miliar untuk merenovasi stadion yang akan digunakan untuk pertandingan sepak bola pool B selama 1-10 September 2024.

Pelaksana Struktur Renovasi Stadion H. Dimurthala, Erwin mengatakan secara teknis stadion itu sudah bisa digunakan untuk pertandingan saat PON nanti. “Kami tinggal membersihkan debu-debu sisa pembangunan,” katanya, Selasa (27/8/2024).

Ditambahkan Erwin, renovasi yang penggarapannya dikeroyok oleh 600 orang pekerja itu hampir rampung. Saat ini sudah mencapai 95 persen lebih. “Dalamnya sudah hampir rampung. Yang belum finishing bagian depan, repair, dan pelepasan baja penyangga tower box. Setelah selesai PON, baru rampung 100 persen,” jelas Erwin.

Stadion H. Dimurthala berkapasitas 10.000-12.000 kursi penonton. Tapi, setelah direnovasi hanya bisa menampung sekitar 7.000 penonton. Di lain kesempatan, Mantan sepak bola nasional, Andik Vermansyah, mengaku pangling dengan perubahan tersebut. Dia nyaris tak percaya dengan perubahan besar yang terjadi di Stadion H. Dimurthala.

Pesepakbola berusia 32 tahun itu mengungkapkannya ketika tim sepak bola PON Aceh uji tanding dengan Persiraja Banda Aceh, Senin (26/8/2024) malam. Dalam laga uji tanding tersebut, Tim Sepak Bola PON Aceh berhasil mengimbangi Persiraja dengan skor akhir 1-1. “Terus terang, perubahan sangat besar sekali di Stadion H. Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh ini,” tutur Andik.

Mantan striker Persebaya Surabaya ini mengakui bahwa stadion tersebut kini telah berubah drastis dibandingkan dengan kunjungannya tahun lalu, di mana stadion masih dalam proses renovasi.

Andik juga menambahkan bahwa dengan kualitas stadion yang telah ditingkatkan, permainan para atlet sepak bola di PON XXI nantinya akan semakin menarik. “Dengan kualitasnya ini, permainan para atlet sepak bola PON akan semakin menarik dan pastinya berjalan lancar,” ujarnya.

Kini, stadion tersebut dinilainya sangat layak untuk digunakan sebagai pertandingan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Seperti diketahui stadion wajah lamanya telah dirubuhkan pada Januari 2024 lalu untuk direnovasi. (KONI Pusat/TR/Elvira Inda Sari).(hjr)

#PON XXI 2024