Jumat, 20 September 2024

Jatim Gerbang Nusantara Baru

Singhasari : KEK Digital Pertama di Indonesia

Diunggah pada : 28 Agustus 2024 14:35:50 94
Aktivitas di KEK Singhasari. Sumber: singhasari.co.id

Jatim Newsroom – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari merupakan pusat pengembangan teknologi digital dan pariwisata yang terletak di area geostrategis Malang Raya, Jawa Timur. Tepatnya di Jalan Trunojoyo No.4, Ngadiluwih, Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163. 

Mengutip laman kek.go.id, Rabu (28/8/2024), KEK Singhasari diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp11,92T dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 6.863 tenaga kerja hingga tahun 2030.

Berdasarkan data dari laman resmi KEK Singhasari, ada beberapa keunggulan yang dimiliki. Pertama, letak yang strategis. Unggul secara geoekonomi dengan lokasi yang mudah diakses, KEK Singhasari terhubung dengan tiga pusat transportasi utama di Jawa Timur seperti Bandara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Kedua, ekosistem digital pertama di Indonesia. Sebagai KEK digital pertama di Indonesia, KEK Singhasari terbuka untuk segala bentuk investasi teknologi, termasuk cloud computing, smart city, platform ekonomi digital, dll. KEK Singhasari mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia dengan investasi startup. Di bulan Oktober 2022, KEK Singhasari telah meresmikan Animation and Film Factory (AFF), sebuah pusat animasi dan film terbesar di Indonesia.

KEK ini juga memiliki komitmen untuk mempersiapkan digital talent sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga hal tersebut menjadikan KEK Singhasari dipilih sebagai lokasi pilot project KEK Pendidikan pertama di Indonesia. Ketiga, angka demografis yang besar. Malang Raya memiliki populasi dengan Indeks Pengembangan Manusia (IPM) di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur membawa potensi besar pada pengembangan SDM khususnya pada pengembangan ekosistem digital dan ekonomi kreatif. Tak hanya itu, Indonesia mengalami bonus demografi, jumlah usia produktif akan menguasai populasi antara tahun 2025 sampai 2035.

Keempat, wisata dan peninggalan sejarah. KEK Singhasari berlokasi di situs bersejarah di kaki Gunung Arjuna yang merupakan fasilitas pendukung Taman Bromo Tengger Semeru. Kawasan ini dahulu merupakan pusat kerajaan yang paling berpengaruh di Asia Tenggara pada abad ke-13. 

Saat ini, KEK Singhasari memiliki koleksi tanaman yang kaya akan 1000 spesies berbeda, dengan total 50.000 tanaman tumbuh di ketinggian 600-700m di atas permukaan laut. (idc/hjr)

#KEK Singhasari #kawasan ekonomi khusus