Jumat, 20 September 2024

PON XXI ACEH-SUMUT 2024

Sepak Takraw Putri Jatim Rebut Emas

Diunggah pada : 11 September 2024 20:43:44 75
Tim Regu Event Putri Jawa Timur berhasi meraih medali emas setelah mengalahkan Sulawesi Selatan (Sulsel) 2-0 di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (11/9/2024). Foto: dok.Koni Jatim

Jatim Newsroom - Tim Regu Event Putri Jawa Timur tampil perkasa di PON XXI Aceh-Sumut, tim yang dilatih Abrian Shihab tak tersentuh kekalahan dan berhasi meraih medali emas setelah mengalahkan Sulawesi Selatan (Sulsel) 2-0. Sayangnya di sektor putra Jatim meraih perak setelah kalah dari Sulsel 0-2 (2-1,2-1).

Pada babak final yang digelar di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (11/9/2024), tim putri pertama Jatim menang dua set dengan poin 15-13, 15-12. Kemudian tim kedua, juga menang dalam dua set 15-12 dan 15-13. Dengan kemenangan di partai puncak tersebut, Jawa Timur mencatatkan diri sebagai provinsi tidak terkalahkan untuk nomor tim regu putri cabang olahraga sepak takraw putri PON XXI Aceh-Sumut. 2024.

Pada babak penyisihan grup, Jawa Timur yang tergabung dengan Aceh dan Sumatera Utara, mampu menang masing-masing 3-0 atas kedua provinsi tuan rumah tersebut. Sedangkan di semifinal, Jawa Timur mengalahkan Riau dengan skor 2-0.

Pelatih Sepak Takraw Jatim, Abrian Shihab, mengatakan, para atlet sudah bermain sebaik mungkin dan meraih hasil maksimal dengan merebut emas. "Anak-anak sudah bermain dengan kemampuan terbaiknya. Tidak ada strategi khusus menghadapi Sulawesi Selatan. Anak-anak kami minta bermain lepas tanpa beban. Alhamdulillah, hasilnya positif," kata Abrian.

Ia juga mengatakan kalua Sulsel juga memberikan perlawanan yang cukup menyulitkan tim Jatim, terbukti Jatim beberapa kali sempat tertinggal poin, namun para atlet bisa mengatur ritme permainan dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. "Alhamdulillah ini emas pertama sepak takraw Jatim di PON XXI, anak-anak bermain dengan figthting spirit yang tinggi, mereka juga memiliki mental juara karena sempat tertinggal poin namun bisa membalikkan keunggulan," kata pria yang juga ASN Dispora Jatim itu.

Namun ia tetap berharap  Ayu Fitriani dkk tetap menjaga semangat bertanding karena masih ada satu nomor lagi yang bisa dimaksimalkan untuk mendapat emas. "Kita masih turun di tim double event, semoga juga bisa meraih emas," katanya.

Sementara itu pelatih sepak takraw putra Jatim M Khabib mengatakan kalau para atlet sudah tampil maksimal. "Anak-anak sudah main maksimal, tapi lawan juga main bagus dan mereka di perkuat enam pemain nasional," katanya.

 Ia berharap bisa meraih emas di nomor tim double event putra. "Di PON Papua tim double event Putra dapat emas, semoga bisa kami bisa mengulang prestasi itu di PON ini," katanya.

 Seperti diketahui pada PON XX Papua, sepak takraw Jatim meraih 1 emad, 2 perak, 1 perunggu. Untuk PON XXI, Jatim menargetkan 2 emas.(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024