Jumat, 20 September 2024

Sepak Bola Jatim Tembus Semifinal PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Diunggah pada : 13 September 2024 23:55:56 3162
Tim sepak bola putra Jawa Timur (Jatim) saat berlaga pada babak 8 besar PON XXI 2024 Aceh-Sumut, di Stadion H Murthala, Kota Banda Aceh, NAD, Jumat malam (13/9/2024).Foto: dok.KONIJatim

Jatim Newsroom - Wigi Pratama menit ke-6 membawa tim sepak bola putra Jawa Timur (Jatim) ke semifinal setelah unggul, 1-0 atas NTT pada babak 8 besar PON XXI 2024 Aceh-Sumut, di Stadion H Murthala, Kota Banda Aceh, NAD, Jumat malam (13/9/2024).

NTT sempat mengejutkan di awal laga, mengandalkan kecepatan kedua sayapnya, dua kali mengancam gawang Jawa Timur. Beruntung kiper Aldino Fanani tampil gemilang, sukses melakukan cleansheet.

Jatim perlahan melakukan pressure dari tengah, coba mencuri bola dan memainkan tempo. Upaya ini berhasil dengan sejumlah peluang emas. Sayang, gol tambahan tak kunjung hadir, bertahan hingga turun minum.

Berlanjut di babak kedua, hampir saja NTT menyamakan keadaan menit ke-47. Beruntung asisten wasit mengangkat bendera ofsaid.

Pertandingan kembali berlangsung, tensi permainan naik. NTT mencoba terus memberikan tekanan. Namun sering terlambat mengoper ke depan, Jatim dapat segera menutup rapat area tengah hingga pertahanan.

Menit 60, Coach Fakhri Husaini coba mengubah taktiknya dengan melakukan pergantian pemain. Upaya ini cukup efektif, perlahan Jatim mulai memberikan tekanan NTT. Lewat sepak pojok Rafly, menyambut sundulan Wigi Pratama masih sedikit di atas mistar gawang NTT.

Menit 71, NTT melalui skema serangan balik, berhasil mengancam gawang Jatim. Dan lagi-lagi kiper Aldino Fanani berhasil membuat tepisan brilian. Selamatlah gawang Jawa Timur.

Menit ke-85 pertandingan sedikit memanas, hampir terjadi perkelahian. Bahkan pelatih NTT beserta ofisial, juga tampak berlarian masuk ke tengah lapangan. Ini reaksi saat terjadi benturan. Beruntung cepat bisa diredam.

NTT sedikit terpancing dengan permainan skill dan kolektivitas tim Jawa Timur. Berkali-kali pemain Jatim pun dilanggar untuk menghentikan pergerakannya.

Memasuki extra time 5 menit, Jatim menebalkan daerah pertahanan. Ini menjadi kesempatan NTT untuk terus menekan.

Peluang terakhir Jatim, menit ke 90+5 melalui set piece, setelah lewat serangan balik penyerang Jatim terpaksa dihentikan pemain bertahan NTT. Tembakan pun dilepaskan melambung ke atas, sekaligus mengakhiri pertandingan untuk keunggulan Jatim.

“Pertama saya ucapkan syukur alhamdulilah pada babak delapan besar ini kami bisa menang dengan skor tipis. Tapi ini sudah cukup membawa kami ke babak semifinal,” ucap Fakhri Husaini Pelatih Jatim dalam keterangan pers usai pertandingan.

Menurutnya, bahwa ini kemenangan semua pihak, termasuk seluruh masyarakat Jawa Timur. Kemenangan suporter yang langsung hadir menyaksikan perjuangan kami di stadion ini.

“Juga mengapresiasi kepada semua pemain yang sudah berjuang, tidak hanya kepada Wigi yang mencetak gol. Anak-anak memberikan semangat yang luar biasa,” tuturnya.

Selain itu, Fakhri juga menyoroti kinerja wasit. Sebab ini memimpin pertandingan calon-calon pemain timnas Indonesia ke depan.

“Selanjutnya kami terus akan mempersiapkan diri untuk selanjutnya menunggu lawan di semifinal, antara Aceh dan Sulteng. Sekali lagi saya apresiasi kepada seluruh pemain, saya bangga, mereka berkontribusi,” timpalnya.

Sementara dalam kesempatan itu, Wigi Pratama mewakili rekan-rekannya, juga menyampaikan apresiasi. “Saya ucapkan kepada rekan-rekan yang sudah berjuang dari babak pertama dan kedua, terima kasih. Untuk selanjutnya kami akan fokus,” ucapnya singkat. (red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024