Jumat, 20 September 2024

Sebanyak 4 Juri Netral Dihadirkan pada Laga Loncat Indah

Diunggah pada : 8 September 2024 19:22:38 49
Cabor Loncat Indah. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 di Sumut

Jatim Newsroom - Sekitar 20 wasit terlibat dalam laga cabang olahraga (cabor) loncat indah PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang digelar mulai Minggu (8/9/2024) hingga Kamis (12/9/2024) di Venue Loncat Indah, Kolam Renang Selayang Medan.

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, dari jumlah ini, sebanyak 4 wasit internasional atau disebut juri netral didatangkan panitia untuk menilai para atlet loncat indah. 

Keempat juri netral inipun terlihat hadir dalam Technical Meeting Loncat Indah. Para wasit tampak mengikuti pertemuan dengan antusias.

Ketua Panitia Cabor Akuatik-Loncat Indah PON XXI, Syahriandy mengatakan wasit-wasit internasional ini berasal dari Malaysia, India dan Amerika Serikat. Kehadiran para wasit, imbuh dia, untuk menjaga netralitas penilaian.

"Makin banyak wasit internasional semakin bagus, dengan hadirnya juri netral ini diharapkan ke depan kita mendapatkan pengakuan internasional," tutur Ketua Pengcab Akuatik Kota Medan ini.

Syahriandy juga menjelaskan meski ada wasit yang kurang mengerti Bahasa Indonesia, dipastikan tidak akan mempengaruhi penilaian. 

"Lantaran Peraturan pertandingan cabang olahraga Akuatik-Loncat Indah pada PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara menggunakan Peraturan Pertandingan Akuatik-Loncat Indah yang dikeluarkan oleh World Aquatics," jelas dia.

Sebagai informasi, atlet yang akan bertanding pada nomor Synchro Menara Putri hari ini adalah Gladies Lariesa Garina Hagakore dan Della Dinarsari Harimurti (Jatim), Maulidina Kharisma Putri dan Nur Mufiidah Sudirman (DKI Jakarta); Fani Rianti Aulia dan Nuria Nirwasita (Jabar); Livia Anjani dan Nazra Fadila (Sumsel); dan Vania Theola Barus dan Angel Theresia Purba (Sumut).

Lalu atlet yang akan bertanding pada nomor Shyncro Papan 3 meter Putra yakni; Wahyudi Sahputra dan Mohammad Jatayu Tri Rezka Vahlevi (Sumut); Yovy Surya Nur Ariffin dan Aldinsyah Putra Rafi (Jatim); M Ridho Akbar dan Idris Efendi (Sumsel); Tri Anggoro Priambodo dan Adityo Restu Putra (DKI Jakarta); Aryanto Saputra dan Zulfikar Wirafebrian Rifai (Jabar); kemudian, Muhammad Fadhil dan Akbar Tawakal Sayyidina Lee (Kalsel). (idc/s)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional