Jumat, 20 September 2024

Sabang Siap Gelar Tiga Cabor PON XXI Aceh-Sumut 2024

Diunggah pada : 29 Agustus 2024 22:47:29 511
Api obor PON 2024 saat tiba di Kantor Wali Kota Sabang, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Selasa (27/8/2024). Foto: Media Center Kominfo Aceh

Surabaya, InfoPunblik Kota Sabang semakin dekat untuk menjadi bagian penting dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Kapolres Sabang, AKBP Erwan pun mengonfirmasi bahwa seluruh persiapan, khususnya untuk venue di wilayahnya, telah mencapai hampir 100 persen. Sebagai tuan rumah bagi tiga cabang olahraga (cabor) PON XXI, Sabang dikatakannya siap memberikan yang terbaik untuk kesuksesan event olah raga terbesar acara nasional tersebut.

 

“Kami telah menyiapkan empat venue untuk tiga cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Kota Sabang. Sejauh ini, kesiapan venue sudah mendekati 100 persen. Kami dari kepolisian juga sudah siap untuk melaksanakan pengamanan selama PON berlangsung,” ungkap AKBP Erwan, Selasa (27/8/2024).

 

Kota Sabang akan menjadi tuan rumah untuk beberapa cabang olahraga yaitu aeromodelling yang akan digelar di Lanud Maimun Saleh dan Lapangan Sabang-Merauke. Kemudian Korfball di GOR Merah Putih, serta selam di Dermaga CT-1 BPKS.

 

AKBP Erwan memastikan bahwa seluruh fasilitas tersebut telah siap untuk digunakan. Pihaknya telah mempersiapkan strategi pengamanan komprehensif guna memastikan kelancaran dan keamanan selama perhelatan PON XXI berlangsung.

 

Selain kesiapan venue, Kota Sabang juga menjadi titik awal bagi Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024. Upacara kirab api ini dipusatkan di Kantor Wali Kota Sabang, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, dan dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Pj Wali Kota Sabang, Andri Nourman.

 

“Ini merupakan sejarah bagi Aceh menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Alhamdulillah kirab api PON sudah mulai bergulir. Semoga berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Andri Nourman.

 

Kirab api dimulai dari Tugu Sabang Merauke pada 27 Agustus 2024, dengan api yang diambil dari Gunung Merapi Jaboi. Tim pelari kirab api akan membawa obor secara estafet ke 23 kabupaten kota di Aceh, membawa semangat olahraga dan persatuan. Jadwal kirab api ini akan berlangsung hingga 6 September 2024, dengan rute yang dimulai dari Kota Sabang sebagai titik pengambilan dan pelepasan.

 

Sementara Pj Wali Kota Sabang, Andri Nourman saat melepas Kirab Api PON XXI menekankan pentingnya semangat gotong royong dalam menyukseskan kirab api PON dan seluruh rangkaian acara. “Dengan persiapan yang matang dan semangat kebersamaan, kita yakin bahwa PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan berjalan lancar dan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Aceh,” jelasnya.

 

Dengan persiapan yang sudah hampir mencapai 100 persen dan pengamanan yang telah dipersiapkan dengan matang, Kota Sabang siap menyambut para atlet, ofisial, dan pengunjung dari seluruh Indonesia untuk menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024. (hjr)

#PON XXI 2024