Jumat, 20 September 2024

Ribuan Peserta ikuti Ngonthel Bareng Mas Bup dan Kosti Kediri

Ribuan Peserta ikuti Ngonthel Bareng Mas Bup dan Kosti Kediri

Diunggah pada : 4 Juni 2024 11:33:22 61
omunitas Sepeda Tua se- Indonesia (Kosti) Kediri menggelar acara Ngonthel Bareng Mas Bup dan Kosti Kediri yang bertempat di Area Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri.

Jatim Newsroom - Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1220, Pemkab Kediri bekerjasama dengan Komunitas Sepeda Tua se- Indonesia (Kosti) Kediri menggelar acara Ngonthel Bareng Mas Bup dan Kosti Kediri yang bertempat di Area Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Kapolsek Ngasem, Ketua Kosti kediri dan ribuan onthelis dari Pulau Jawa dan Bali.

Rute yang di tempuh peserta sekitar 17 kilometer melewati Desa Bulu Pasar, Wonosari, Kambingan, Menang dan Tepus, untuk start dan finish di Area Simpang Lima Gumul. Setelah pembukaan acara, peserta Ngonthel bareng Mas Bup diberangkatkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ketua DPRD Kabupaten Kediri.

Melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Bupati Kediri Hanindito memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kosti Kediri, karena acara seperti ini membantu Pemkab Kediri untuk mempromosikan wisata-wisata yang ada di Kabupaten Kediri. "Dengan acara Ngontel Bareng Mas Bup dan Kosti Kediri ini para peserta dari daerah luar Kediri akan mengenal dan mengetahui potensi yang ada di Kabupaten Kediri. Adapun peserta yang hadir kurang lebih 6000-8000 peserta dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali," ujarnya Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Kediri, Selasa (4/6/2024),

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto menambahkan semoga kegiatan ini terus diagendakan tiap tahun, sehingga terjadi komunikasi yang baik antara penggemar sepeda onthel di Kabupaten Kediri pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya. "Kita tidak hanya sekedar melihat para peserta, melainkan perekonomian akan tumbuh di sini, ada jual beli sparepart sepeda onthel dan UKM Kabupaten Kediri banyak yang berjualan sehingga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," harapnya.

Pairan, salah satu peserta onthelis dari Komunitas Sepeda Tua Kebo Sangit Surabaya dengan pakaian khasnya hantu rimba mengatakan semoga sepeda onthel tetap eksis, dan salah satu tujuan ikut event ini adalah melestarikan sepeda onthel khususnya sepeda tua.

Peserta sangat antusias dapat melihat destinasi wisata Kabupaten Kediri seperti Monumen Simpang Lima Gumul, Petilasan Sri Aji Joyoboyo dan Situs Arca Totok Kerot. (van/hjr)

 

#Kabupaten Kediri