Jumat, 20 September 2024

Rakernas APEKSI, Pemkot Mojokerto Hadirkan Sendratasik Tribuana Tungga Dewi

Diunggah pada : 10 Agustus 2022 16:33:11 57
Penampilan sendratasik Tribuana Tungga Dewi

Jatim Newsroom - Menutup rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV APEKSI 2022 yang diselenggarakan dari tanggal 7-10 Agustus, di Kota Padang, Sumatera Barat, Pemerintah Kota Mojokerto hadirkan sosok Ratu Tribuana Tungga Dewi  dalam Pawai Budaya Nusantara, Selasa (9/8/2022) malam.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, menerangkan, Pawai Budaya Nusantara APEKSI merupakan momentum yang strategis mengenalkan kejayaan kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan terbesar se-Asia tenggara pada masanya. Ratu Tribuana Tungga Dewi merupakan raja perempuan pertama di Kerajaan Majapahit yang memerintah sekitar tahun 1328-1351 M.

"Pawai Budaya Nusantara ini diikuti oleh seluruh kota di Indonesia, maka ini momen yang sangat pas untuk kita kenalkan kebesaran kerajaan Majapahit," ujar Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut.

Tidak hanya sosok Tribuana Tungga Dewi, dalam kesempatan ini juga ditampilkan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) yang menceritrakan perjuangan Ratu Tribuana Tuangga Dewi dalam mempersatukan Nusantara.

"Kita ingin seluruh Indonesia tau, Kota Mojokerto memiliki leluhur yang sangat luar biasa, betapa besarnya Kerajaan Majapahit, hingga mampu menyatukan Nusantara," terangnya.

Lebih lanjut dalam kesempatan ini, Ning Ita juga turut memberikan cendera mata berupa replika menara Tribuana Tungga Dewi yang menjadi ikon baru Kota Mojokerto, kepada Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Sebagai informasi, Rakernas APEKSI XV diikuti oleh 97 wali kota se-Indonesia, dan sudah berlangsung sejak 7 Agustus dan akan berakhir besok 10 Agustus 2022. Selain rapat kerja pertemuan wali kota se-Indonesia ini juga menjadi wadah untuk memperkenalkan produk dari masing-masing daerah dalam Indonesia City Expo serta berbagai kegiatan lainnya seperti gowes, lomba marandang dan membuat the talua.(ern)

#Walikota Mojokerto