Jumat, 20 September 2024

PWI Malang Raya Kembali Gelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian

Diunggah pada : 18 Desember 2023 17:06:20 276

Jatim Newsroom- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Angkatan ke-11 tahun 2023. OKK berlangsung di Ballrom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota, Jaksa Agung Suprapto No.19, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (18/12/2023).

Membuka sambutan, Ketua PWI Malang Raya, Ir Cahyono mengatakan, OKK PWI telah digelar sebanyak 2 kali di Malang Raya. OKK ke-11 Jatim ini diikuti oleh 60 peserta, dihimpun dari peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 51, 54 dan 55. OKK kali ini mendapatkan dukungan penuh dari Polresta Malang Kota. "Kami mengucapkan terimakasih kepada Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, yang telah mensupport kegiatan kewartawanan. Khususnya yang diselenggarakan  oleh PWI Malang Raya,” seru Cahyono.

Cahyono menjelaskan, OKK diselenggarakan karena para peserta UKW yang sudah lulus telah menyatakan kesanggupannya untuk menjadi anggota PWI. OKK juga menjadi syarat untuk menjadi Anggota Muda PWI Malang Raya. Melalui OKK, para peserta mendapatkan berbagai materi seputar kewartawanan, di antaranya tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ), UU Pers No. 40 tahun 1999 dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA).“Mohon dijaga marwah PWI, kinerjanya harus seusai dengan Kode Etik Jurnalistik,”cetusnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas PWI Jatim, Joko Tetuko menyampaikan, OKK menjadi bagian penting dari PWI periode kepemimpinan Hendry CH Bangun. Pasalnya, konsentrasi Pengurus Pusat PWI saat ini adalah untuk meningkatkan pendidikan. Dari sejumlah organisasi kewartawanan, PWI menjadi salah satu organisasi  yang mengedepankan pendidikan tentang Kode Etik Jurnalistik.“Kode Etik Jurnalistik adalah mahkotanya wartawan,” tegasnya.

Joko juga menyampaikan, pesan khusus dari Ketua PWI Jatim kepada seluruh anggota PWI dan peserta OKK yang hadir. Yakni selalu mengajak masyarakat bersama-sama mensukseakan Pemilu yang damai.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto dalam acara pembukaan OKK mengapresiasi, OKK yang diselenggarakan PWI Malang Raya. Orang nomor satu di lingkungan Polresta Malang Kota itu menyebutkan, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Purnomo telah menerbitkan Surat Telegram Resmi nomor 2407 yang dikeluarkan pada Oktober 2023. Isinya, terkait menjaga netralitas Polri dalam pemilihan umum atau Pemilu 2024 mendatang. “Apabila ada oknum yang melakukan ketidaknetralitas, silahkan menghubungi saya. Wartawan diberi mandat untuk menilai keprofesionalan Polri yang tugas utamanya adalah melindungi dan mengayomi masyarakat,” tuturnya.

Mantan Kapolres Batu itu juga mengatakan, wartawan bisa memberikan informasi kepada pemilih pemula, agar tidak Golput saat hari H pencoblosan nanti. Pasalnya, dari pengalaman tahun 2019 lalu, banyak warga usia pemilih pemula terpantau justru menggunakan kesempatan libur pencoblosan untuk berwisata. Kegiatan OKK PWI angkatan 11 ini turut dihadiri  Dinas Kominfo se-Malang Raya, Kasi Humas Polres Se-Malang raya dan mahasiswa prodi Komunikasi. (mad/hjr)

#PWI jatim