Jumat, 20 September 2024

PON XXI/2024 Tinggal Menyelesaikan 30 Persen Lagi Pertandingan

Diunggah pada : 18 September 2024 15:32:49 87
Konferensi Pers di Media Center Utama PON XXI/2024 Sumut. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Pertandingan seluruh cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut secara umum terlaksana dengan baik. Menurut Ketua Pengawas dan Pengarah Panitia Besar PON XXI/2024, Mayjen TNI (Purn.) Suwarno, PON XXI/2024 masih menyisakan 30 persen lagi pertandingan.

 

Dia berharap seluruh pertandingan sisa dapat diselesaikan dengan baik hingga PON berakhir, Jumat (20/9/2024). Harapan itu dia sampaikan pada konferensi pers di Medan, Sumatra Utara Rabu (18/9/2024).

 

Mengutip laman KONI gerakita.com, Suwarno mengakui terjadi sedikit gangguan pada pertandingan di arena PON di Aceh maupun Sumatera Utara. Namun gangguan itu dapat diatasi dan pertandingan dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. 

 

Ia mencontohkan pertandingan sepak bola dan menembak di Aceh, serta tinju di Sumatera Utara. Pada pertandingan sepak bola di Aceh, wasit yang memimpin pertandingan dipukul seorang pemain karena dianggap tidak adil.

 

Masalah itu, menurut Suwarno, sudah ditangani PSSI untuk segera diselesaikan. Dalam waktu dekat diharapkan sudah ada keputusan PSSI terkait kemungkinan hukuman bagi pemain tersebut. Tidak tertutup kemungkinan hukuman akan dikenakan pada wasit bila didapati ada aturan yang dilanggar, jelasnya.

 

Adapun gangguan pada pertandingan menembak, terjadi karena atap gedung yang roboh akibat hujan dan angin kencang. “Atap tempat pertandingan roboh dan pertandingan dihentikan. Tadi saya diinformasikan kawan-kawan di lapangan bahwa sudah tidak ada masalah dan hari ini pertandingan dilanjutkan,” katanya menegaskan.

 

Tentang insiden di pertandingan tinju, lanjut Suwarno, terkait penilaian hakim pertandingan. Persoalan itu sudah diselesaikan dan rangkaian pertandingan tinju dapat dilanjutkan.

 

Dia ingatkan terkait pertandingan di arena PON XXI ada mekanisme penyelesaian perselisihan atau protes pada putusan hakim. Protes dapat diajukan berjenjang hingga pada Dewan Hakim Pertandingan dan Dewan Hakim Panitia Besar PON. Suwarno meyakini semua persoalan itu dapat diselesaikan dan diputus seadil-adilnya.

 

Dia tambahkan bahwa hingga Rabu pagi sudah 73 persen pertandingan di arena PON dapat diselesaikan. Dia harapkan hingga hari terakhir PON XXI/2024, Jumat, semua pertandingan PON XXI/2024 dapat selesai, tidak ada yang tertunda dan tersisa.

 

“Saya berharap PON XXI berlangsung sukses dan semua peserta pulang membawa kesan yang baik ke daerah masing-masing,” tuturnya.

 

PON XXI/2024 Aceh-Sumut akan berakhir pada 20 September mendatang. PON yang dibuka oleh Presiden Jokowi di Banda Aceh, 9 September lalu, akan kembali ditutup oleh Presiden. Upacara penutupan dijadwalkan berlangsung Jumat (20/9/2024) malam di Stadion Utama Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. (idc/s)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional